Kamis, 27 Juli 2017

cfd  CFD

Google Siap Benamkan Nexus ke Ponsel Anyar

Kamis, 6 Juni 2013 9:34 WIB
Dibaca 349

Monexnews - Tidak banyak khalayak menyadari bahwa sesungguhnya sebagian besar ponsel yang beredar di pasaran tidak memakai sistem operasi Android versi terbaik. Namun Google Inc berencana mengubah patron itu dalam rilis produk terbaru dari dua vendor.

Google memiliki versi 'murni' Android bernama Nexus yang selama ini hanya dibenamkan pada sedikit ponsel. Sementara kebanyakan smartphone menggunakan sistem operasi (OS) dengan user interface yang sudah dimodifikasi oleh si vendor pembuat handset. Google berencana mengubah pola distribusi OS dengan menanamkan Android versi utama mereka sesuai desain dan peruntukannya untuk lebih banyak ponsel di masa depan. Sebagai langkah awal, produsen Android memutuskan untuk memancang 'Nexus Experience' di dua ponsel terbaik tahun 2013, Samsung Galaxy S4 dan HTC One.

Tidak hanya itu bagi ponsel non-Nexus, Google juga menyediakan sistem operasi inti mereka untuk diunduh via Google Play. Namun tentu saja kualitas dan keunggulannya tidak akan sama dibandingkan OS Nexus yang ditanamkan langsung pada hardware ponsel. Dengan memperkenalkan versi asli Android dalam Nexus, Google ingin mengklaim kembali kontrol mereka terhadap sistem operasi ponsel karena dalam beberapa tahun terakhir raksasa teknologi ini dianggap kehilangan kendali dalam pemasaran OS-nya.

Ketika pertama kali merilis Android tahun 2008, Google menjanjikan setiap vendor berhak memasarkan sistem operasi yang sudah dikustomisasi sendiri. Ide tersebut cukup disambut baik oleh banyak vendor seperti HTC, yang sedang berupaya memenangkan persaingan dengan Apple. Produsen asal Taiwan itu bisa mengubah tampilan dan isi Android tanpa harus merancangnya dari awal sesuai izin dari Google. Perizinannya pun terbilang mudah tidak seperti jika sebuah vendor ingin memakai sistem operasi Windows 8 buatan Microsoft.

Dengan mengkampanyekan penggunaan Nexus versi asli, Google berharap pemakai ponsel bisa mendapat pengalaman yang memang dirancang oleh tim riset dan pengembangan. Tidak seperti selama ini, di mana para pengguna hanya bisa menerima OS Android yang sudah dimodifikasi oleh masing-masing vendor tanpa mengalami bagaimana sesungguhnya Android yang murni didesain oleh Google. Saham Google ditutup pada level $859.70 atau naik 0.07% pada sesi perdagangan hari Rabu (06/06).

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar