Jumat, 31 Maret 2017

breaking-news GDP AS Q4 direvisi naik menjadi 2.1%, Klaim Penganguran turun menjadi 258K.

cfd  CFD

Hindari Sengketa Paten, Google dan LG Teken Kerjasama 10 Tahun

Rabu, 5 November 2014 13:15 WIB
Dibaca 655

Monexnews - Persaingan antara perusahaan teknologi dunia kerap berakhir di jalur hukum. Konflik soal hak paten berulangkali terjadi antara pemain-pemain besar, khususnya yang bergerak di bisnis perangkat mobile. Untuk menghindari sengketa lisensi, beberapa perusahaan menempuh jalan 'damai' dengan cara saling berbagi patennya masing-masing, seperti yang dilakukan oleh Google dan LG. 

Google dan LG baru saja menandatangani perjanjian paten dengan jangka waktu 10 tahun. Keduanya sepakat untuk saling memakai lisensi paten masing-masing secara bebas, baik untuk paten produk yang sudah ada maupun yang akan didaftarkan di masa depan. Dengan demikian maka dalam satu dasawarsa mendatang, tidak akan ada konflik paten antara kedua pihak seperti yang lazim terjadi di industri ponsel dalam lima tahun terakhir.

“LG menghargai hubungan baiknya dengan Google. Perjanjian ini merupakan wujud komitmen kedua perusahaan untuk mengembangkan produk dan teknologi baru demi kepentingan konsumen," ujar J.H. Lee, Executive Vice President dan Head Intellectual Property Center LG. Pendapat Lee diamini oleh koleganya Allen Lo, yang merupakan Kepala Divisi Paten Google. Menurut Lo, dengan adanya cross-license antara Google dan LG, masing-masing perusahaan bisa lebih fokus mengembangkan teknologinya masing-masing tanpa harus takut terkena sengketa.

LG adalah salah satu rekan kerja penting bagi Google. Perusahaan asal Asia ini dipercaya membuat produk ponsel andalan Google, Nexus, karena kehandalannya dalam membuat produk berkualitas. Di sisi lain, Google juga menjadi faktor yang melambungkan angka penjualan ponsel LG hingga 39% ke angka 16,8 juta unit di kuartal III 2014. Berbekal sistem operasi Android yang dibesut oleh perusahaan asal Amerika itu, LG sukses memperkuat posisinya sebagai produsen ponsel berpengaruh di dunia. Bahkan produk andalan G3 dinobatkan sebagai ponsel Android paling berkualitas oleh beberapa lembaga dan media internasional.

Oleh karena itu, tidak heran kalau kerjasama paten antara LG dan Google terjadi hari ini. Keduanya memiliki hubungan simbiotik di bisnisnya masing-masing. Sebelum meneken perjanjian paten dengan LG, Google juga sudah menandatangani kesepakatan serupa dengan raksasa asal Korea, Samsung, pada bulan Januari lalu.

[Harga saham Google (NASDAQ:GOOG) ditutup pada posisi $554.11 atau melemah 0,20% pada sesi perdagangan hari Selasa (04/11).]

dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar