Minggu, 22 Oktober 2017

cfd  CFD

Hotel Hilton, Calon Emiten dengan IPO Terbesar Tahun Ini

Rabu, 4 Desember 2013 10:27 WIB
Dibaca 552

Monexnews - Jaringan hotel paling terkenal dunia, Hilton Worldwide, mengumumkan rencana initial public offering (IPO) dengan target raihan dana mencapai $2.4 miliar atau Rp26 triliun. Penerbitan saham perdana akan dilakukan sebelum penutup tahun 2013.

Jumlah pelepasan saham itu akan membuat Hilton menjadi perusahaan dengan galangan dana terbesar ke-dua di Amerika Serikat tahun ini. Sebanyak 112.8 juta unit saham akan dilepas ke publik dengan harga satuan antara $18 dan $21 via operator NYSE. Apabila perusahaan memutuskan untuk menjual saham tambahan kepada bank-bank investasi, maka total raupan dana segar bisa menembus $2.72 miliar. Pencapaian target atas tersebut akan membuat Hilton mencatatkan diri sebagai emiten dengan IPO terbesar ke-dua dalam 12 bulan terakhir, di bawah perusahaan pipa minyak asal Houston, Plains GP Holdings (PAGP), yang sukses mengantongi dana segar $2.8 miliar dua bulan lalu.

Apabila tidak ada kendala berarti, IPO Hilton akan berlangsung bulan ini di New York. Kesuksesan program go public raksasa hotel lintas negara ini akan menjadi penutup tahun yang manis, terlebih lagi jumlah perolehan modalnya melampaui perusahaan high-profile seperti Twitter, yang penjualan IPO-nya 'hanya' sebesar $1.8 miliar. Hilton bahkan diklaim lebih prospektif ketimbang Twitter karena konsisten mendulang laba dari bisnis hotel dan propertinya. Nama besar konglomerasi juga sudah dikenal luas selama lebih dari satu dasawarsa terakhir di berbagai belahan dunia. Jika menilik ke belakang, perusahaan ini memang sempat jatuh akibat krisis finansial yang turut mempengaruhi industri pariwisata sekitar 5-6 tahun lalu. Namun sejak dibeli oleh Blackstone Group pada 2007, kinerja keuangan berangsur membaik pun meski harus mengalami pasang surut akibat resesi.

Apabila nantinya IPO Hilton menembus target atas $2.7 miliar, maka perusahaan ini resmi menjadi emiten dengan raihan dana terbesar ke-dua untuk periode 2013, mengalahkan IPO Zoetis (ZTS), yang sukses menggalang modal segar $2.2 miliar dari investor saham.


*Harga saham Blackstone Group (BX), pemilik Hilton saat ini, ditutup pada posisi $28.53 pada sesi perdagangan semalam (03/12) atau melemah 2%.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar