Rabu, 20 September 2017

cfd  CFD

Investor Sambut Baik Penunjukan Bos Baru Credit Suisse

Rabu, 11 Maret 2015 10:19 WIB
Dibaca 594

Monexnews - Credit Suisse Group AG dipastikan kehilangan salah satu sosok pentingnya dalam waktu dekat. Chief Executive Brady Dougan resmi mundur dari posisinya per Juni mendatang, dan digantikan oleh Tidjane Thiam.

Tidjane Thiam akan menduduki posisi eksekutif utama di Credit Suisse sepeninggal Brady Dougan pertengahan tahun nanti. Pria berusia 52 tahun ini sekarang masih menjabat sebagai salah satu direksi perusahaan asuransi asal Inggris, Prudential PLC. Curriculum vitaenya terbilang impresif, ia sukses menaikkan pertumbuhan laba Prudential selama 5 1/2 tahun terakhir dan bahkan sempat mencicipi kursi pemerintahan di negaranya, Pantai Gading, sebelum terjadinya kudeta oleh pihak oposisi.

Pun demikian, Thiam belum memiliki pengalaman perbankan sehingga dicap oleh pengamat bisnis sebagai sosok pengganti yang kurang tepat bagi Brady Dougan. Pihak direksi Credit Suisse diklaim lebih melihat kemampuannya dalam menggenjot pos-pos bisnis ketimbang kompetensinya di sektor perbankan dan investasi. Thiam diharapkan bisa menularkan mental kesuksesan dari industri asuransi ke salah satu bank paling terkenal di Eropa itu.

Terlepas dari spekulasi yang mengitari suksesi kepemimpinan di Credit Suisse, pelaku pasar menyambut baik penunjukan Tidjane Thiam sebagai bos baru. Di sisi lain, investor Prudential kurang senang dengan kepergian sosok yang selama 5 tahun terakhir menjadi kunci sukses perusahaan di sektor asuransi dan investasi. Saham Credit Suisse ditutup naik 7,8% ke 25 francs ($25.36), sedangkan di bursa London saham Prudential merosot 3,1%, ke 1,612 sen ($24.39).

Kabar pensiun Brady Dougan memang sudah menjadi pemberitaan Wall Street Journal di hari Senin kemarin. Pria berusia 55 tahun ini dikenal sebagai satu dari tiga CEO yang masih bertahan di sebuah bank besar pasca krisis finansial tahun 2008 lalu. Ia sukses melakukan restrukturisasi besar-besaran untuk menyelamatkan Credit Suisse dari kebangkrutan. Dalam pernyataan yang dikutip oleh Wall Street Journal kemarin, Dougan menegaskan tahun ini adalah momen yang tepat untuk menyerahkan tongkat kepemimpinan ke orang lain. Ia juga mengaku sangat menghormati suksesornya, Tidjane Thiam, yang juga dikenal sebagai politisi ulung di kampung halamannya, Pantai Gading. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar