Rabu, 18 Oktober 2017

cfd  CFD

Isu Kerjasama dengan Apple, Bos BlackBerry Jual Mahal

Selasa, 28 April 2015 12:42 WIB
Dibaca 1882

Monexnews - Reputasi Apple sebagai penguasa pasar ponsel pintar memang semakin kokoh dari waktu ke waktu. Namun untuk urusan keamanan, perusahaan yang didirikan oleh mendiang Steve Jobs ini masih harus belajar banyak dari pemain lama, BlackBerry.

BlackBerry memang bukan lagi smartphone yang paling banyak dipakai masyarakat dunia. Namun merek asal Kanada ini bisa berbangga hati karena 'jasa keamanan'nya masih dipakai oleh instansi pemerintahan, termasuk Departemen Pertahanan Amerika dan Presiden Barack Obama. Sistem keamanan sistem dan jaringan BlackBerry sudah sejak lama diakui sebagai yang terbaik di dunia, dan sampai sekarang belum ada yang menandinginya bahkan Apple sekalipun.

Ketimbang mengembangkan sistem keamanan datanya sendiri, Apple disarankan bekerjasama dengan BlackBerry untuk memperkuat keamanan sistemnya. Rumor tentang minat kerjasama Apple tersebut beredar di media dan mendapat respon positif dari CEO BlackBerry, John Chen. "Jika mereka (Apple) mau datang dan bicara soal kerjasama keamanan, kami siap berdiskusi," kata Chen ketika diwawancarai oleh reporter CNNMoney di Los Angeles.

Pernyataan Chen tersebut menjadi isyarat bahwa BlackBerry berniat 'menjual' sistem keamanannya kepada Apple, walaupun terkesan jual mahal. "Bukan hanya ke Apple, kami juga bisa membuat software kami beroperasi untuk semua sistem operasi," tambahnya. Saat ditanya apakah Apple sudah menghubungi pihaknya untuk kolaborasi security, Chen menolak berkomentar lebih jauh.

Bos BlackBerry ini membuka pintu bagi siapapun yang ingin memakai sistem keamanannya untuk produk lain seperti Android maupun Windows. "Kami mungkin bersaing dengan perusahaan lain, tetapi kami juga bisa bekerjasama. Seperti atlet, BlackBerry siap berpartner dan berkompetisi," imbuhnya.

Persaingan antara Apple dan BlackBerry tidak lagi seketat beberapa tahun silam, namun keduanya masih bersaing dalam aspek kepemimpinan usaha. Tahun lalu John Chen terpilih sebagai runner-up CEO terbaik versi CNN di bawah bos Apple, Tim Cook. Ia dianggap sukses mengubah orientasi bisnis perusahaannya dari penjualan smartphone ke penyedia layanan software dan security. Tidak heran jika harga saham BlackBerry sudah naik sampai 40% dalam setahun akibat membaiknya pembukuan usahanya.

[Harga saham BlackBerry Ltd (NASDAQ:BBRY) ditutup pada posisi $10.24 atau melemah 1,35% pada sesi perdagangan Senin (28/04).] (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar