Sabtu, 27 Mei 2017

cfd  CFD

Jelang IPO, Alibaba Tuntaskan Kerjasama Strategis

Kamis, 8 Mei 2014 11:33 WIB
Dibaca 436

Monexnews - Jelang penerbitan saham perdananya, Alibaba sukses menuntaskan merjer bisnis dengan perusahaan online asal Amerika Serikat, ShopRunner. Perusahaan kompetitor Amazon yang baru dijadikan rekanan kerjasama ini nantinya akan memiliki akses untuk menjual produk di wilayah China.

Alibaba membeli 39% saham ShopRunner, perusahaan yang baru saja diluncurkan empat tahun lalu. Bisnis ShopRunner meliputi penjualan produk-produk bermerk seperti American Eagle dan Calvin Klein di wilayah Amerika. Perusahaan menawarkan pengiriman selama dua hari ke konsumen di seluruh penjuru negeri Paman Sam. Kini setelah sahamnya dimiliki oleh Alibaba, ShopRunner bisa menggunakan infrastruktur domestik Alibaba untuk memperluas pangsa pasarnya di wilayah China.

Website ShopRunner akan resmi menjadi situs jual beli yang terafiliasi dengan Alibaba, sama halnya dengan Tmall dan TaoBao. Jalinan bisnis antara keduanya dianggap simbiotik karena bagi Alibaba, keberadaan ShopRunner akan mengangkat reputasinya di wilayah Amerika. Sedangkan bagi ShopRunner, pembelian saham oleh Alibaba akan membuka akses penjualan ke wilayah China. Kemewahan inilah yang tidak bisa dimiliki oleh perusahaan asli Amerika lainnya di tengah aturan proteksi usaha ketat yang dibuat oleh pemerintah Beijing.

Nama Alibaba sendiri sedang ramai diperbincangkan terkait dengan rencana pelepasan saham perdananya (IPO) di lantai bursa Amerika Serikat. Pihak direksi telah mengirim proposal initial public offering (IPO) kepada Securites Exchange Comission (SEC) Amerika Serikat. Perusahaan mengincar raupan modal segar dari penjualan sahamnya kepada investor di Wall Street dalam waktu yang tidak lama lagi.

Banyak pihak meyakini kalau penerbitan saham perdana oleh spesialis jual beli online ini akan melampaui rekor kapitalisasi emiten teknologi senilai $16 miliar yang dicatat oleh Facebook pasca IPO-nya tahun 2012 lalu. Bukan tidak mungkin perputaran modal Alibaba juga mampu menyamai rekor IPO Visa yang mencapai $17.9 miliar. Perusahaan underwriter yang dipilih adalah Credit Suisse, Deutsche Bank, Goldman Sachs, J.P. Morgan, Morgan Stanley dan Citigroup.

 

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar