Jumat, 20 Januari 2017

breaking-news Klaim pengangguran AS turun menjadi 234K di pekan lalu vs 249K, estimasi pada 252K

cfd CFD

Jual Saham di Panin, Pihak ANZ Nego Harga dengan Mizuho

Rabu, 14 Agustus 2013 10:28 WIB
Dibaca 1480

Monexnews - ANZ Banking Group asal Oseania memastikan rencana penjualan sahamnya di Panin Bank Indonesia kepada Mizuho Financial Group asal Jepang. Pihak direksi ANZ sudah memberi sinyal pelepasan saham dalam waktu dekat dan sumber dekat Dow Jones di ANZ telah memastikan hal itu.

ANZ menguasai 39.2% saham Panin Bank dengan nilai setara AU$668 juta (US$607 juta). Chief Executive Mike Smith beberapa saat lalu sudah memberi sinyal rencana peninjauan kembali terhadap kepemilikan aset dan kemitraan ANZ di bank terbesar ke-7 Indonesia itu. Perseroan mempertimbangkan penjualan saham supaya dananya bisa dimasukkan ke dalam kas modal, untuk memenuhi persyaratan likuiditas yang ditetapkan oleh otoritas pengawas Australia.

"Kami mencermati aturan bank di bawah Basel III dan APRA (otoritas Australia) terkait pasal kerjasama dengan perusahaan lain," ujar Smith pada bulan April silam. Apabila nantinya proposal penjualan sudah diteken, maka pelepasan saham Panin akan menjadi penjualan aset ANZ di Asia dalam dua tahun terakhir. Pada bulan Januari lalu, bank itu telah menjual 9.6% sahamnya di Saigon Thuong Tin Commercial Joint Stock Bank atau dikenal dengan sebutan Sacombank, sebuah lembaga perbankan asal Vietnam. Saham Sacombank dijual kepada Commercial Joint Stock Bank atau Eximbank. Kemudian pada bulan Juli 2012, ANZ juga melepas sahamnya di Bank of Tianjin (China) sehingga kepemilikan ANZ di bank itu turun dari 20% menjadi 17.6%. Penjualan dilakukan karena pihak ANZ menolak permintaan penambahan modal yang diajukan oleh Tianjin.

Kepemilikan ANZ di Panin sendiri sudah sesuai dengan batas maksimum kepemilikan asing di perbankan domestik sebesar 40% yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Aturan itu pula yang membuat DBS Group Holdings asal Sinngapura membatalkan rencana pembelian Bank Danamon pada bulan Juni lalu. Di bursa saham Australia, saham ANZ diperdagangkan dengan simbol ANZ.AU, sementara di Jakarta saham Panin memakai kode PNBN. Calon pembeli saham, yaitu Mizuho, melepas sahamnya di bursa Tokyo dengan ticker 8411.TO.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar