Kamis, 23 Maret 2017

cfd  CFD

Karyawan McDonald's Demonstrasi Minta Kenaikan Gaji

Selasa, 30 Juli 2013 12:51 WIB
Dibaca 720

Monexnews - Pekerja restoran cepat saji melancarkan aksi demonstrasi di 7 kota besar Amerika Serikat mulai pekan ini. Mereka meminta pihak perusahaan untuk menaikkan upah dan memperbolehkan karyawannya membentuk serikat pekerja.

Puluhan pekerja melakukan aksi protes di luar restoran McDonald's dan Wendy's cabang kota New York sejak Senin kemarin. Aksi serupa direncanakan berlangsung di kota-kota lain seperti Chicago, St. Louis, Detroit, Milwaukee, Kansas City dan Flint, Michigan sepanjang pekan ini. Buruh restoran cepat saji meminta supaya perusahaan yang mempekerjakan mereka mau membayar upah minimum $15 per jam sekaligus memperbolehkan karyawan untuk berserikat.

Kampanye yang diprakarsai oleh koalisi buruh Fast Food Forward ini sesungguhnya sudah dimulai sejak musim gugur lalu. Aksi tersebut cukup meyita perhatian masyarakat termasuk pemerintah pusat. Pihak Gedung Putih mengaku sudah menangkap aspirasi pekerja dengan upah minimum dalam blog yang dirilis oleh National Economic Council. Baik direktur dewan Gene Sperling dan penasihat Alan Krueger menyatakan kenaikan upah sebagai salah satu agenda utama Presiden Barack Obama. "Setelah 4 tahun belum pernah naik, warga Amerika mulai sadar betapa penyesuaian upah merupakan cara yang bagus bagi kesejahteraan pekerja dan kemajuan ekonomi," demikian kutipan dalam rilis resmi National Economic Council.

Saat ini, rata-rata upah yang diterima oleh 50.000 pekerja restoran cepat saji di New York adalah $9 per jam atau $18.500 per tahun (data: Departemen Tenaga Kerja New York). Jumlah tersebut masih lebih rendah $4500 dibandingkan batas yang ditetapkan oleh biro sensus yakni $23.000 per tahun per kepala keluarga. Sementara upah minimum di New York adalah $7.25 per jam, dan bagi staf pelayan mereka hanya menerima $4.65 per jam karena mereka juga berhak atas uang tips yang sifatnya tidak tetap. Belum ada sikap resmi dari perusahaan-perusahaan yang sedang dilanda aksi demonstrasi. Namun bukan tidak mungkin aksi ini meluas ke gerai makanan lain karena konon produsen seperti Burger King dan Papa John's Pizza juga memberlakukan kebijakan upah yang sama. Harga saham McDonald's ditutup pada level $97.87 pada sesi perdagangan hari Senin atau turun 0.16%.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar