Selasa, 28 Maret 2017

cfd  CFD

Kerek Reputasi, Intel Gandeng Klub Olahraga

Kamis, 19 Desember 2013 13:03 WIB
Dibaca 399

Monexnews - Berbagai strategi dilakukan oleh perusahaan teknologi untuk memasarkan produknya, termasuk dengan mengambil cara promosi yang tidak biasa. Mencoba out-of-the-box, produsen chip Intel merangkul klub-klub olahraga untuk meraih pangsa pasar.

Setelah terbenam dalam persaingan industri mobile, Intel berupaya menjalankan program promosi baru melalui kerjasama dengan tim olahraga. Selain klub sepakbola FC Barcelona, perusahaan itu baru saja meneken kesepakatan dengan klub football San Francisco 49ers. Porsi sponsorsip terbesar ditaruh pada hak penggunaan stadion 49ers yang baru yaitu Levi's Stadium.

Kerjasama dengan klub football ini dipandang bagus karena lokasi bisnis keduanya berdekatan di daerah Santa Clara. "Saya rasa ini adalah kemitraan yang alamiah karena letak stadion dan kantor pusat kami tidak jauh. Kedua perusahaan adalah ikon bagi wilayah kami," ujar Courtnee Westendorf, Kepala Marketing Intel.

Produsen chip asal Amerika ini memang sejak lama mensponsori agenda olahraga, seperti balap mobil Formula 1. Namun sejak kedatangan Westendorf dari Apple, kerjasama di bidang olahraga makin digenjot seiring besarnya pangsa pasar. Selain menyuntikkan dana untuk pengembangan stadion 49ers, Intel juga akan membenamkan produknya pada fasilitas berbasis teknologi di lokasi ini bersama dengan Sony dan delapan sponsor lainnya. Sebagai timbal balik, Intel berhak menamai plaza utama stadion dengan namanya sendiri dan memiliki wewenang untuk memamerkan produk hasil risetnya via fasilitas yang ada.

Setelah tiga dekade meraup laba dari industri komputer, Intel kini harus berjuang untuk bisa menjejakkan kaki di pasar teknologi. Peralihan market dari komputer personal ke perangkat mobile dan tablet membuat produsen chip ini kehilangan penghasilan. Bidang olahraga dianggap sebagai media strategis untuk mendekatkan diri dengan konsumen yang tidak bisa lepas dari gadget canggih dan mutakhir.

Untuk memperbaiki visi usaha yang terlanjur buram, Intel menunjuk pemimpin baru guna membangun perubahan, termasuk merekrut bos marketing dari perusahaan yang lebih sukses. Reformasi dilakukan supaya nasib perusahaan bisa berbalik untung, khususnya di tengah pesatnya kemajuan produk mobile dunia. Walaupun sudah lama malang melintang di industri mikro prosesor dunia, Intel masih kesulitan untuk menembus pasar tablet dan ponsel. Produk jualan yang mereka tawarkan kerap ditolak oleh pembuat ponsel-ponsel pintar di banyak negara.

*Harga saham Intel (NASDAQ:INTC) ditutup pada posisi $25.15 pada sesi perdagangan semalam (18/12) atau naik (2.01%).

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar