Rabu, 13 Desember 2017

cfd  CFD

Komisi Eropa Usut Dugaan Pelanggaran oleh Qualcomm

Kamis, 16 Juli 2015 14:50 WIB
Dibaca 2253

Monexnews - Badan Pengawas Usaha Uni Eropa hari ini resmi melakukan investigasi ganda terhadap perusahan pembuat chip asal Amerika Serikat, Qualcomm Inc. Penyelidikan diperlukan untuk mengetahui adanya penyalahgunaan undang-undang persaingan usaha di wilayah Eropa.

Komisi Eropa menegaskan bahwa tidak ada satu perusahaan pun yang bisa melanggar aturan kompetisi usaha di wilayahnya. Qualcomm berada dalam penyelidikan karena terindikasi mengenakan harga jual yang lebih murah dibandingkan biaya produksi untuk mengalahkan pesaing-pesaingnya. Otoritas juga akan mencari tahu apakah perusahaan ini menawarkan diskon kepada konsumen yang mau membeli chipset baseband-nya secara langsung tanpa perantara.

“Investigasi ini dilakukan karena kami ingin memastikan bahwa supplier produk teknologi tinggi bisa bersaing dengan perusahaan yang lebih besar," demikian kata bagian persaingan usaha Komisi Eropa, Margrethe Vestager.

Vestager sendiri adalah anggota lembaga yang paling kritis dalam menyikapi tata cara usaha perusahaan-perusahaan yang mengadu peruntungan di Eropa. Ia adalah orang pertama yang berani mengajukan gugatan hukum terhadap Google Inc. Agensinya juga sedang mengusut indikasi pelanggaran pajak oleh Apple dan Amazon.

Komisi Eropa tidak memiliki tenggat waktu penyelidikan kasus pelanggaran hukum usaha, dan bisa saja prosesnya berlangsung hingga bertahun-tahun. Qualcomm berpotensi terkena denda maksimal 10% dari total omset tahunannya dan diharuskan mengubah praktik bisnis jika memang terbukti bersalah. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar