Minggu, 28 Mei 2017

cfd  CFD

Krisis Eropa Ganggu Bisnis Caterpilllar

Selasa, 26 Maret 2013 11:49 WIB
Dibaca 587

Monexnews - Bukannya membaik, sentimen bisnis di benua biru justru memburuk di penghujung kuartal pertama 2013. Krisis di Siprus membuat prospek ekonomi kawasan berbalik negatif dan berdampak buruk terhadap pelaku bisnis.

Perusahaan-perusahaan asal Amerika Serikat (AS) juga mengalami efek tidak menyenangkan dari krisis keuangan di Eropa. Salah satunya adalah penyedia produk dan jasa spesialis konstruksi dan pertambangan ternama dunia, Caterpillar. Penjualan global Caterpillar tercatat anjlok sebanyak 13% dalam tiga bulan terakhir akibat minimnya pesanan konstruksi dari berbagai kawasan. "Saya berharap matahari segera terbit di Eropa," demikian dramatisasi bisnis yang digambarkan oleh CEO Douglas Oberhelman.

Caterpillar mengaku pertumbuhan ekonomi di Eropa sangat tidak kondusif terhadap performa bisnisnya. Akan tetapi, pihak direksi menegaskan bahwa lini operasional bisa bertahan sampai saat ini dan belum mengalami kemunduran berarti. "Pangsa pasar kami stabil, terutama berkat prospek bagus di Jerman dan Prancis meskipun Italia sedang kesulitan ekonomi," urai Oberhelman. Menurutnya, perlambatan gairah bisnis di beberapa negara masih bisa ditutup oleh tingginya pesanan dari negara lain.

Pun demikian, Caterpillar mengklaim bahwa seharusnya mereka bisa mencatat kinerja yang lebih bagus lagi apabila kondisi Eropa tidak seburuk ini. Proyeksi laba meleset dari target yang ditetapkan sebelumnya dan kemungkinan belum berubah hingga akhir tahun. "Kami cuma bisa berharap segala sesuatunya jadi lebih baik dan Caterpillar bisa beroperasi seperti sedia kala," keluh sang CEO. Di bulan Januari lalu, perusahaan melaporkan penurunan laba sebesar 55% dibandingkan periode yang sama satu tahun sebelumnya. Selain disebabkan oleh kerugian kasusu hukum di China, penurunan keuntungan dipengaruhi oleh minimnya pesanan dari rekan bisnis. Harga saham Caterpillar (CAT) ditutup pada level $86.64 pada sesi perdagangan hari Senin.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar