Senin, 27 Maret 2017

cfd  CFD

Laporan Laba Rugi Q4 Belum Cerminkan Penjualan Z10

Kamis, 28 Maret 2013 13:44 WIB
Dibaca 652

Monexnews - Produsen Blackberry dijadwakan merilis laporan keuangan kuartal IV dalam beberapa jam ke depan. Akan tetapi pelaku pasar sebaiknya tidak berharap banyak karena 'efek Z10' belum sepenuhnya terlihat di catatan earnings kali ini.

Pada bulan Januari lalu, perseroan meluncurkan sistem operasi yang sudah sejak lama ditunggu yakni Blackberry 10. Pihak direksi mengklaim bahwa operating system-nya ini menandai lahirnya era baru dalam bisnis ponsel pintar. Dalam laporan keuangan yang siap dirilis hari Kamis (28/03), investor belum bisa mengukur sejauh mana kesuksesan ponsel Z10 dalam merebut atensi konsumen. Mengingat kemunculannya di beberapa negara hanya kurang dari satu bulan sebelum periode perhitungan laba/rugi ditutup.

Sejak pertama kali 'dilahirkan' di Kanada, Inggris dan Uni Emirat Arab, ponsel Blackberry Z10 mendapat respon beragam. Di kandangnya sendiri (Kanada), angka penjualan diklaim cukup solid berkat terbantu oleh fanatisme pengguna. Namun demikian, konsumen di wilayah Timur Tengah konon menanggapi kemunculan Z10 dengan respon yang biasa. Sementara itu, komunitas teknologi Amerika Serikat baru bisa menggenggam si Z10 pekan ini. Bermacam opini tentang fitur dan desainnya mulai mencuat ke permukaan, khususnya dari tim riset lembaga-lembaga keuangan. Kalau Goldman Sachs menyebut efek peluncuran Z10 hanya 'hangat sesaat', maka Citi berani menyebut respon konsumen dengan istilah 'mengecewakan'.

Angka penjualan Blackberry baru diragukan oleh investor sehingga harga sahamnya melemah 11% dalam hitungan pekan. Pergerakan sahamnya cenderung bergejolak di tengah fase transisi bisnis perusahaan. Padahal dalam 6 bulan terakhir harga ekuitas Blackberry melonjak 91% di tengah optimisme kehadiran sistem operasi anyar, yang diyakini mampu mendongkrak kinerja penjualan.

Terlepas dari betapa pentingnya rilis laporan laba/rugi kuartal IV yang akan diumumkan hari ini, efektivitas pemasaran Blackberry Z10 belum bisa diukur. Respon masyarakat terhadap rangkaian produk baru dari produsen asal Kanada itu baru bisa dinilai dari angka pendapatan triwulan I 2013 beberapa bulan lagi. Harga saham Blackberry (BBRY) ditutup pada level $14.57 atau naik 0,74% hari Rabu (27/03).

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar