Selasa, 30 Mei 2017

cfd  CFD

Liberty Global Siap Goyang Dominasi News Corp

Rabu, 6 Februari 2013 10:57 WIB
Dibaca 516

Monexnews - Liberty Global (LBTYA) hari ini sepakat untuk mengakuisisi perusahaan Inggris yang bergerak di layanan komunikasi dan hiburan kabel, Virgin Media (VMED). Nilai transaksinya diperkirakan sekitar $23,3 miliar dan akan membuat Liberty menjadi perusahaan komunikasi nirkabel terbesar dunia.

Pengumuman pihak Liberty dirilis beberapa saat setelah kepastian akuisisi perusahaan Dell Inc oleh konsorsium pimpinan Michael Dell, Silver Lake dan Microsoft. Jika dikombinasikan, kabar pembelian kedua unit bisnis ini bisa menumbuhkan kepercayaan Wall Street terhadap kekuatan finansial pelaku bisnis dan perekonomian Amerika Serikat (AS).

Dengan mengambilalih Virgin Media, maka Liberty berpeluang menjadi pemain penting di industri telekomunikasi Eropa, termasuk layanan broadband dan televisi. Cakupan pasarnya meliputi 47 juta rumah dan melayani 25 juta pelanggan di 14 negara. Sebagai bagian dari deal tersebut, Liberty akan menempati markas baru di Inggris sebagai anak usaha dari perusahaan induk yang baru. Saat ini Liberty masih berbasis di Delaware dengan kantor pusat di Colorado.

"Virgin Media akan memperkuat skala bisnis Liberty di Eropa, khususnya di industri media dan komunikasi," urai Mike Fries, President dan CEO Liberty Global. Nantinya sebanyak 80% pemasukan usaha Liberty akan berasal dari lima negara utama yakni Inggris, Jerman, Belgia, Swiss dan Belanda. dalam perjanjian transaksi juga tercantum klausul buyback saham dengan target awal sebesar $3,5 miliar dalam periode dua tahun setelah akusisi Virgin Media. Menurut analisa berbagai kalangan, akuisisi Virgin oleh Liberty akan mengancam dominasi News Corp milik Rupert Murdoch, yang selama ini mengoperasikan perusahaan kabel di Inggris, yaitu BSkyB. 

Akuisisi Virgin Media bisa terwujud berkat tangan dingin Aryeh Bourkoff, mantan kepala bank investasi UBS wilayah Amerika. Perusahaan penasihat miliknya, Lion Tree Advisor, sukses mewakili Liberty dalam seluruh proses negosiasi. Sebelumnya perusahaan konsultan ini berhasil menuntaskan berbagai akuisisi bisnis, khususnya yang bergerak di sektor hiburan dan periklanan. Namun pembelian Virgin oleh Liberty merupakan akuisisi high profile pertama dan terbesar bagi perusahaan Bourkoff itu. Harga saham LBTYA ditutup pada level $67.88 atau melemah -2.27% pada seis perdagangan hari Selasa (05/02) sementara saham Virgin Media melambung hingga 17.89% ke level $45.61.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar