Rabu, 18 Januari 2017

breaking-news PM Inggris Theresa May: Pemerintah Akan Ajukan Kesepakatan Brexit Baru Untuk Voting Parlemen

cfd CFD

LPS Amerika Seret Bank-bank Kelas Kakap ke Meja Hijau

Senin, 17 Maret 2014 10:33 WIB
Dibaca 638

Monexnews - The Federal Deposit Insurance Corp. atau FDIC menggugat beberapa bank terbesar di dunia dalam kasus manipulasi bunga acuan. Bank-bank yang sebagian besar berbasis di Amerika Serikat ini diduga telah mempermainkan bunga Libor hingga menyebabkan bank-bank kecil bangkrut.

Dalam surat gugatan yang didaftarkan ke pengadilan federal New York akhir pekan lalu, tercantum nama-nama bank besar seperti JP Morgan Chase, Bank of America, Citigroup serta sebuah perusahaan luar negeri, Barclays. Bank-bank itu diseret ke pengadilan karena ada bukti yang menunjukkan bahwa mereka ikut ambil bagian dalam manipulasi suku bunga Libor beberapa tahun silam.

Libor, atau London Interbank Offered Rate, merupakan suku bunga yang dipakai oleh bank-bank dunia untuk dijadikan acuan transaksi bisnis dan lalu lintas pinjaman. Komponen inilah yang diduga telah dimanipulasi oleh beberapa oknum untuk meraup keuntungan dari transaksi produk derivatif. Tindakan kriminal seperti ini, menurut FDIC atau Lembaga Penjamin Simpanan Amerika, telah menyebabkan kerugian bagi 38 lembaga keuangan skala kecil dan menengah di negeri Paman Sam. Sebagian besar dari mereka bangkrut sehingga harus diambilalih operasional bisnisnya oleh FDIC. Badan ini kemudian menyuntik pendanaan baru, membekukan seluruh aset serta membayar sebagian besar beban hutangnya. Banyak bank-bank kecil tutup karena transaksi bisnisnya 'dimakan' oleh bank-bank besar, yang diklaim melakukan kongkalikong dalam manipulasi Libor. Salah satu bank skala kecil menengah yang gulung tikar adalah Washington Mutual, yang dilaporkan menjadi bank dengan jumlah kerugian terbesar saat diambilalih oleh FDIC tahun 2008 silam.

Terkait dengan tuduhan ini, belum ada satupun bank tergugat kelas kakap yang mau memberikan komentarnya. Bank of America menolak untuk berbicara ketika dihubungi oleh CNN, sementara JP Morgan, Citi dan Barclays tidak bersedia menjawab panggilan telepon.


[Harga saham JP Morgan Chase (NYSE:JPM) ditutup pada posisi $56.80 atau melemah sekitar 1.1% pada sesi perdagangan Jumat lalu (14/03). Sementara Bank of America (NYSE:BAC) mengakhiri sesi dengan pelemahan 2.10% di level $16.80 dan Citigroup (NYSE:C) ditutup minus 1% ke $46.88.]

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar