Kamis, 27 Juli 2017

cfd  CFD

Manipulasi Harga, Bankir Credit Suisse Divonis 30 bulan Penjara

Senin, 25 November 2013 11:22 WIB
Dibaca 2116

Monexnews - Industri keuangan tidak lepas dari kasus pidana dan penyelewengan yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab. Namun di beberapa negara sanksi tegas juga terus diterapkan untuk memberikan efek jera, tidak hanya bagi oknum yang bersalah namun juga bagi perusahaan yang mempekerjakannya.

Putusan kasus terbaru datang New York terkait penyalahgunaan wewenang oleh pelaku bisnis keuangan. Mantan Kepala Bagian Struktur Kredit di Credit Suisse, Kareem Serageldin, divonis 30 bulan penjara karena terbukti menutupi pelanggaran hukum. Pengadilan distrik New York Selatan menyatakan Serageldin bersalah atas upayanya untuk menutup-nutupi kerugian trading perusahaan pada produk kredit sektor perumahan. Walaupun sempat kabur ke Inggris, ia sudah diekstradisi ke Amerika Serikat bulan April lalu untuk menanggung perbuatannya.

Jumlah waktu hukuman tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan ancaman pidana pada gugatan yang didaftarkan Februari 2012. Di dalam isi gugatan itu sesungguhnya Serageldin terancam penjara sampai 45 tahun.

Jaksa Preet Bharara mengumumkan Serageldin harus menjalani hukuman penjara selama 30 bulan karena terbukti bersalah memanipulasi harga surat hutang perumahan untuk menutupi kerugian trading-nya. Dari jumlah total manipulasi harga yang dituduhkan senilai mencapai $540 juta pada aktvitas operasional tahun 2008 silam.

Serageldin tidak sendirian dalam menjalankan operasinya. Dua rekannya, yaitu David Higgs dan Salmaan Siddiqui juga dituduh bersalah dan sedang menanti ketuk palu hukuman.


*Harga saham Credit Suisse Group AG (ADR) ditutup menguat 1.5% pada hari Jumat lalu (22/11) ke level $28.98.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar