Jumat, 20 Januari 2017

breaking-news Klaim pengangguran AS turun menjadi 234K di pekan lalu vs 249K, estimasi pada 252K

cfd CFD

Masuk Formula 1, Honda Kembali ke Habitatnya

Jumat, 17 Mei 2013 11:15 WIB
Dibaca 683

Monexnews - Honda Motors memastikan diri kembali mengikuti ajang balap Formula 1 setelah absen sejak tahun 2008. Namun perusahaan otomotif Jepang ini baru akan tampil lagi di musim 2015 dengan memasok mesin tangguh bagi tim asal Inggris.

Honda sedang mengembangkan mesin V6 turbocharged 1-6 liter di pabrik Tochigi. Kembalinya mantan juara dunia konstruktor ini akan disambut baik oleh banyak pihak karena Honda adalah pemain penting di industri F1 sebelum lengser lima tahun silam. Ketika itu, raksasa Jepang ini menarik diri dari event balap mobil paling bergengsi di dunia menyusul beratnya beban biaya operasional balapan dan penurunan laba dari penjualan mobil. Ketika itu F1 memang tengah dilanda periode sulit karena banyak peserta kewalahan menyokong cost operasional di tengah minimnya pemasukan.

Dua tahun lagi, Honda akan kembali bersanding dengan partner lamanya, McLaren Team. Tim F1 asal Inggris ini masih akan menggendong mesin Mercedes pada musim depan dan baru menjalin komitmen dengan Honda semusim kemudian. Kerjasama dua pabrikan diharapkan mampu mendobrak dominasi Red Bull dan mesin Renault-nya dalam beberapa tahun terakhir.

Duet McLaren-Honda sempat merajai kancah Formula 1 antara tahun 1988-1992 dengan menjuarai 8 kejuaraan dunia dan meraih podium sebanyak 44 dari 80 Grand Prix. Bahkan pada tahun 1988, pembalap Ayrton Senna dan Alain Prost meraup 15 dari 16 balapan dalam semusim berbekal mobil MP4/4. Takanobu Ito, president and chief executive Honda, menyebut bahwa perseroan ingin mempertahankan posisinya di pasar otomotif sejagad. "Oleh karena itu kami harus mengembangkan teknologi dan memberi kesempatan insinyur-insinyur kami untuk uji kemampuan melawan tim-tim terbaik F1," imbuhnya. Harga saham Honda (ADR) semalam ditutup pada level $40.67 atau turun 1.64% di NYSE.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar