Senin, 29 Mei 2017

cfd  CFD

Masuk ke Bisnis Ponsel, Alibaba Rangkul Produsen Smartphone Lokal

Senin, 9 Februari 2015 13:22 WIB
Dibaca 701

Monexnews - Setelah sukses menguasai pasar jual beli online, Alibaba Group berniat memperluas bisnisnya ke industri smartphone. Langkah awalnya adalah dengan menyuntik modal sebesar $590 juta ke produsen ponsel satu negara, Meizu Technology.

Alibaba dan Meizu mengumumkan kerjasama investasi jangka panjang untuk mencoba peruntungan di industri ponsel. Sebagai investor, Alibaba akan mendukung pemasaran smartphone Meizu via jual beli online, internet mobile, layanan analisis data dan pembayaran. Meizu sendiri akan menjalankan spesialisasinya yaitu mengembangkan sistem operasi ponsel yang mumpuni, serta merancang strategi pemasaran online dan offline. Dengan merangkul Alibaba sebagai partner, Meizu berharap mampu menggoyang dominasi pemain besar semacam Lenovo dan Huawei.

Nama Meizu sudah cukup mapan di China karena beberapa produk keluarannya mampu menyaingi merk-merk lain. Seri MX4 bahkan terpilih sebagai ponsel kelas menengah terlaris di China, mengalahkan varian M4 keluaran Xiaomi. Alibaba percaya bahwa investasi di Meizu akan berdampak positif terhadap perluasan ekosistem bisnisnya di sektor mobile internet.

Kesepakatan kerjasama Alibaba-Meizu sudah dimulai sejak bulan Oktober lalu, saat bos Meizu, Huang Zhang bertemu dengan direktur teknik Alibaba, Wang Jian di kota Zhuhai. Kini kedua pihak berharap angka penjualan Meizu bsa terkerek dari sekitar 1,5 juta unit per bulan (Januari) menjadi beberapa kali lipat pasca kerjasama ditandatangani.

[Harga saham Alibaba Group Holding (NYSE:BABA) ditutup pada posisi $85.68 di hari Jumat (06/02) atau melemah 1,52% dibanding level pembukaannya.]

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar