Rabu, 18 Januari 2017

breaking-news PM Inggris Theresa May: Pemerintah Akan Ajukan Kesepakatan Brexit Baru Untuk Voting Parlemen

cfd CFD

Melalui Investasi Pabrik, Intel Sukses Ambil Hati Pemerintah China

Kamis, 4 Desember 2014 16:04 WIB
Dibaca 695

Monexnews - Intel Corp. berencana menginvestasikan uang $1,6 miliar untuk membangun lagi pabriknya yang berlokasi di kota Chengdu, China. Kebijakan ini menunjukkan bahwa bisnis Intel di Tiongkok lancar-lancar saja, atau tidak seperti perusahaan teknologi sejawatnya.

Perusahaan chip paling masyhur di dunia ini akan membawa teknologi uji coba chip tercanggihnya ke pabrik Chengdu. Pemerintah China menyambut baik investasi ini dan berjanji untuk memberikan dukungan dalam pembangunan konstruksi. "Rencana untuk menempatkan teknologi terbaru kami di China menunjukkan besarnya komitmen kami terhadap negara ini," demikian ujar Wiliam Holt, Executive VP Intel. Holt meyakini peningkatan teknologi di pabrik Chengdu bisa berpengaruh terhadap kemajuan industri semikonduktor dan pertumbuhan ekonomi domestik. Sebagai bukti keseriusan ekspansi di China, Intel 3 bulan lalu telah membeli saham minoritas di perusahaan semikonduktor lokal yang dikelola oleh negara.

Kemesraan antara Intel dan China bertolakbelakang dengan nasib perusahaan pesaingnya, yaitu Qualcomm. Supplier komponen ponsel ini justru sedang berseteru dengan otoritas Tiongkok, dan diperkirakan harus membayar biaya ganti rugi pengadilan dalam jumlah besar. Menurut pendapat pemerintah, Qualcomm telah menyalahi hukum persaingan usaha yang berlaku di negara tersebut.

Bahkan tidak semua perusahaan teknologi asal Amerika mendapat fasilitas yang sama seperti Intel. Microsoft misalnya, perusahaan software paling kondang ini tersandung pelanggaran undang-undang persaingan usaha di China. Banyak perusahaan memang kurang berhati-hati dalam menjalankan bisnisnya di Asia. Sedangkan Intel sukses melakukan pendekatan kepada pemerintah lokal dan pusat sehingga mendapat dukungan untuk memperluas bisnisnya. Caranya termasuk dengan mengucurkan investasi besar untuk proyek-proyek yang berpotensi menyerap tenaga kerja.

[Harga saham Intel Corp (NASDAQ:INTC) ditutup pada posisi $37.43 pada sesi perdagangan hari Rabu (03/12) atau melemah 0,45% di bursa saham New York.]


(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar