Senin, 24 Juli 2017

cfd  CFD

Meski Belum Rilis Produk, Microsoft Lebih Dulu Punya Ide Smartwatch

Rabu, 7 Mei 2014 14:47 WIB
Dibaca 612

Monexnews - Di tengah maraknya penjualan produk jam tangan pintar, fakta baru diungkapkan oleh Kantor Paten Pemerintah Amerika Serikat. Lembaga negara itu menyatakan bahwa desain smartwatch sesungguhnya sudah didaftarkan kepada mereka oleh Microsoft pada Oktober 2012 silam.

Pada dokumen pendaftaran yang dipublikasikan pekan lalu, nama Microsoft tercatat sebagai perencana proyek pengembangan jam tangan pintar, yang konsepnya hampir menyerupai kemampuan smartwatch yang kini beredar di pasaran. Kala itu, Microsoft memiliki proyek pembuatan jam yang mampu mendeteksi kesehatan pemakainya serta memutar file musik. Fitur-fitur tersebut merupakan fungsi tambahan dari kegunaan utama jam sebagai alat untuk menelepon dan berkirim pesan. dari sisi desain fisik, arloji versi Microsoft juga dapat dilepas dari talinya dan dimasukkan ke dalam docking untuk mengisi ulang baterai.

Sayangnya meski diklaim sebagai penggagas ide smartwatch, Microsoft justru tertinggal dari perusahaan elektronik raksasa seperti Samsung, yang baru saja merilis arloji Galaxy Gear-nya tahun lalu. Sedangkan Google juga sudah siap melepas Moto 360 smartwatch di Amerika mulai musim panas mendatang. Hanya Apple yang masih bungkam soal peluncuran jam cerdasnya meskipun konsep serupa sudah mereka terapkan pada produk iPod.

Selain nama-nama besar tadi, beberapa perusahaan kelas teri juga sedang meraup laba dari penjualan smartwatch. Perusahaan yang belum lama berdiri, Pebble, bahkan sudah mampu menjual 400,000 unit arloji pintar tahun lalu.

Proyek pengembangan smartwatch oleh Microsoft dua tahun lalu sesungguhnya bukanlah proposal pertama yang mereka daftarkan. Pada tahun 2004, perusahaan juga membuat jam tangan hasil kerjasama dengan produsen arloji berpengalaman seperti Fossil (FOSL), Suunto dan Citizen. Teknologi yang dirancang saat itu disebut 'SPOT' atau singkatan dari Smart Personal Objects Technology.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar