Senin, 20 November 2017

cfd  CFD

Meski Dikritik, Bos-bos Oracle Tetap Digaji Besar

Kamis, 25 September 2014 14:07 WIB
Dibaca 995

Monexnews - Di tengah derasnya kritikan soal jumlah gaji dan tunjangan bos-bos perusahaan di Amerika Serikat yang terlalu besar, perusahaan teknologi Oracle tetap memberikan remunerasi menggiurkan bagi eksekutifnya. Dua co-CEO Oracle yang baru saja dipromosikan untuk memimpin perusahaan, yakni Safra Catz dan Mark Hurd, dikabarkan menerima upah yang tergolong besar untuk posisi barunya. 

Menurut isi dokumen yang dikirimkan kepada Securities and Exchange Commission, Catz dan Hurd masing-masing menerima uang $37.5 juta di tahun fiskal 2014 yang berakhir bulan Mei. Jumlah itu lebih besar dibandingkan CEO Disney sebagaimana hasil peringkat upah CEO versi Equilar.

Sebagian besar pendapatan bos Oracle datang dalam bentuk option saham, dengan gaji pokok setiap eksekutif adalah $950,000. Sebagai CEO, Catz dan Hurd bahkan bisa menerima uang lebih banyak yang jumlahnya sulit untuk dikalkulasi. Keduanya dapat mengantongi uang $52 juta per orang pada tahun depan, jika mengacu pada estimasi kenaikan harga saham option dan saham reguler di 2015.

Catz dan Hurd bukanlah orang yang baru merasakan manisnya upah besar dari pekerjaan sehari-hari karena pada tahun lalu keduanya mengantongi $44 juta dan bahkan sempat menerima pendapatan $51 juta di 2012. Sebelum menjabat sebagai rekanan CEO, Catz menjabat sebagai President and Chief Financial Officer dan Hurd adalah presiden perusahaan.

Pemegang saham dipastikan tidak akan menyukai paket remunerasi yang diberikan oleh Oracle kepada bos-bosnya. Beberapa pemegang saham bahkan sudah berulangkali konflik dengan pihak direksi karena mereka menilai paket upah yang diberikan kepada eksekutif terlalu berlebihan. Bahkan pada tahun lalu, pemegang saham menolak besaran remunerasi yang akan diterima oleh CEO sebelumnya, Larry Ellison, meski hasil votingnya gugur. Perusahaan mengklaim bos-bosnya berhak atas gaji besar karena kinerja keuangannya memang semakin bagus.

Terlepas dari besaran uang yang diterima oleh dia co-CEO Oracle, jumlahnya tentu masih di bawah uang yang dibawa pulang oleh bos Oracle yang posisinya mereka gantikan, yakni Larry Ellison. Salah satu bos termahal di Amerika ini mendapat $67 juta di tahun 2014 berkat kepemilikan saham option. Ia bahkan berada dalam daftar teratas CEO dengan bayaran terbesar selama beberapa periode. Setelah lengser, Ellison akan menjabat sebagai executive chairman Oracle dan mendapat titel Chief Technology Officer.

[Harga saham Oracle (NYSE:ORCL) ditutup pada posisi $39.42 atau menguat 1.52% pada sesi perdagangan hari Rabu (24/09).]

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar