Selasa, 12 Desember 2017

cfd  CFD

Meski Keuangan Sehat, Amgen Tetap akan PHK Karyawan

Rabu, 30 Juli 2014 10:45 WIB
Dibaca 749

Monexnews - Pemerintah Amerika Serikat belakangan ini mengklaim trend pertumbuhan ekonomi membaik, sejalan dengan perluasan lapangan kerja. Sayangnya, klaim tersebut masih bisa diperdebatkan karena kebijakan PHK masih saja terjadi di sektor bisnis.

Perusahaan terakhir yang mengumumkan kebijakan PHK adalah Amgen. Bersamaan dengan pengumuman laba ruginya beberapa jam lalu, Amgen juga mengutarakan rencana pemecatan sejumlah karyawan antara 2400 dan 2900 orang. Jumlah itu setara dengan 12-15% dari total pekerja yang dimilikinya sekarang.

Pengumuman PHK yang dilakukan oleh perusahaan bioteknologi ini diambil sebulan setelah Microsoft memastikan pengurangan 18000 SDM-nya mulai tahun depan. Artinya, sektor korporasi di Amerika masih harus berjuang menggalakkan efisiensi terlepas dari membaiknya tingkat konsumsi warga. Keputusan Amgen kemarin cukup mengejutkan karena dalam laporan laba rugi kuartal terakhirnya, perusahaan mampu mencetak peningkatan laba dan pemasukan.

Pelaku pasar keuangan dikejutkan oleh masih banyaknya perusahaan yang memilih untuk memangkas jumlah karyawan meski trend pemulihan ekonomi berjalan baik. Idealnya, pertumbuhan ekonomi selalu dibarengi oleh bertambahnya kebutuhan akan sumber daya baru. Namun apa yang terjadi di Amerika saat ini justru mematahkan pola korelasi tersebut.

Sebagai catatan, perusahaan-perusahaan di Amerika sukses menciptakan 1.4 juta lapangan kerja baru sepanjang paruh pertama 2014 sehingga menjadikan semester I lalu sebagai 6 bulan terbaik bagi perekonomian Amerika sejak 2006. Fakta lebih jelas soal dinamika lapangan kerja akan terkuak saat departemen tenaga kerja merilis data Non-farm Payrolls untuk periode Juli 2014 pada hari Jumat besok. Ekonom yang disurvei oleh CNN memperkirakan jumlah tenaga kerja yang diserap oleh perusahaan mencapai 230.000 orang. Laporan akhir pekan nanti akan membuktikan apakah penurunan jumlah pengangguran ke level 6.1% yang diklaim oleh pemerintah memang valid adanya.

 

[Harga saham Amgen (NASDAQ:AMGEN) ditutup pada posisi $123.31 atau menguat 0.54% pada sesi reguler hari Selasa (29/07). Kemudian sahamnya kembali naik 4.19% pada sesi after-hours atau setelah pengumuman PHK diterima oleh media.]   

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar