Sabtu, 25 Maret 2017

cfd  CFD

Meski Permintaan Banyak, Produksi Mobil Tesla Tersendat

Kamis, 6 November 2014 12:23 WIB
Dibaca 645

Monexnews - Tidak ada yang meragukan reputasi tinggi Tesla di industri mobil elektrik dunia. Namun sebagus apapun kinerja bisnis dan kondisi keuangannya, perusahaan otomotif ini juga memiliki masalahnya sendiri.

Maksud hati ingin memanjakan konsumennya dengan teknologi baru, Tesla justru kewalahan di dalam proses produksi. Perusahaan ini beberapa waktu lalu menjanjikan adanya inovasi teknologi untuk mobil model S anyar, termasuk sistem penggerak roda dengan motor ganda. Namun tim insinyur Tesla sepertinya lupa kalau untuk membuat produk dengan fitur tersebut membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan model S seri lawas. Alhasil, proses pembuatan yang kompleks membuat waktu produksi per unit mobil menjadi lebih lama.

Dalam jumpa pers pasca laporan keuangan hari Rabu (05/11), CEO Elon Musk mengatakan perusahaannya tidak akan bisa memenuhi permintaan konsumen secara cepat. Musk sebelumnya memang pernah menargetkan 35.000 model S keluar tahun ini, namun kemungkinan besar target itu meleset jadi 2000 unit lebih sedikit.

Terlepas dari lambatnya proses produksi, bos Tesla masih yakin jumlah pengiriman mobil ke tangan konsumen akan 50% lebih tinggi dibandingkan total pengiriman tahun 2013. Sementara di sisi penjualan, angkanya kembali melampaui total sales kuartal II lalu sekaligus mematahkan target analis di Wall Street.

"Masalah kami bukan di permintaan, tapi di sektor produksi," kilah CEO Musk dalam statement-nya. Ia berupaya meyakinkan investor bahwa prospek bisnis perusahaannya tidak terganggu karena animo konsumen terhadap produk Tesla sama sekali tidak berkurang. Musk mengklaim nilai jual Tesla tetap tinggi meski perusahaan tidak memasang iklan di media.

Sementara untuk produk baru lainnya yang disebut Model X, Tesla berjanji akan merilisnya dalam beberapa bulan ke depan. Mobil crossover ini akan mulai dikirimkan pada kuartal III 2015. Elon Musk optimis jumlah penjualan akan mencapai rekor baru di akhir tahun depan.

[Harga saham Tesla Motors (NASDAQ:TSLA) ditutup pada posisi $230.97 atau melemah 3,33% pada sesi perdagangan hari Rabu (05/11).]

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar