Rabu, 18 Oktober 2017

cfd  CFD

Microsoft akan Pensiunkan Salah Satu Produk Gagalnya

Kamis, 24 Juli 2014 10:59 WIB
Dibaca 735

Monexnews - Tidak semua produk dari perusahaan besar mampu diterima dengan tangan terbuka oleh pasar. Bahkan korporasi sekelas Microsoft pun pernah mengeluarkan yang namanya 'produk gagal'.

CEO Microsoft, Satya Nadella, pekan ini mengutarakan rencananya untuk menarik produk 'paling bodoh' yang pernah dibuat oleh perusahaannya yakni Windows RT. Sistem operasi yang diperuntukkan untuk perangkat tablet dan mobile ini dinilai gagal dan sama sekali tidak bermanfaat. Sebagai gantinya, Microsoft mulai tahun depan akan menggabungkan seluruh line-up Windows-nya menjadi satu versi yang lebih handal.

Windows RT seharusnya menjadi senjata Microsoft untuk bertarung di era mobile. Namun dalam eksekusinya, sistem operasi ini memiliki dua kelemahan mencolok yaitu tidak didukung oleh aplikasi penting dan desainnya sangat buruk. Sebegitu buruknya, perusahaan sampai gagal mencatat target laba pada tahun lalu karena penjualan tablet Surface RT luar biasa buruk. Kas Microsoft berkurang $900 juta karena peluncuran satu-satunya tablet yang menggunakan sistem operasi Windows RT ini tidak diterima oleh pasar.

Pengamat teknologi menilai Windows RT cacat berat karena tidak bisa menjalankan tugas utama sebuah sistem operasi, yakni menjalankan semua aplikasi yang dibuat oleh pengembang. Sebaliknya, Windows RT hanya mampu menjalankan sebagian kecil aplikasi yang ada di Windows Store. Padahal Microsoft sudah membangun toko aplikasi yang mumpuni bagi konsumennya, terdiri dari 170 ribuan aplikasi termasuk buatan pengembang terkenal seperti Youtube, Facebook, Skype, Netflix dan Google.

Sama seperti iPad besutan Apple, Windows RT tadinya dirancang untuk memiliki ekosistemnya sendiri dan bisa dipakai pada hampir semua perangkat mobile berbasis Windows.Namun konsep itu menjadi sia-sia karena Microsoft gagal menyampaikan hal ini kepada konsumen. Pengguna gadget tidak punya alasan untuk beralih ke Windows RT mengingat dengan harga yang nyaris sama, mereka bisa memiliki tablet lain yang lebih teruji seperti iPad. Itulah mengapa Windows RT dianggap sebagai produk paling gagal dalam sejarah Microsoft.

[Harga saham Microsoft (NASDAQ:MSFT) ditutup pada posisi $44.87 atau menguat 0.09% pada sesi perdagangan hari Rabu (23/07).]   

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar