Selasa, 26 September 2017

cfd  CFD

Microsoft Bagikan Ponsel Gratis bagi Karyawan yang Rela di-PHK

Rabu, 6 Agustus 2014 13:38 WIB
Dibaca 649

Monexnews - Banyak perusahaan memilih PHK sebagai strategi untuk menghemat biaya pengeluaran. Cara ini kerap kali mendapat perlawanan dari kaum pekerja, yang biasanya keberatan dengan keputusan direksi.

Microsoft berencana merumahkan pekerjanya di unit bisnis handphone Nokia yang kantor riset dan pabriknya berada di China. Setelah pengurangan tersebut, jumlah karyawan Nokia di Tiongkok hanya akan tinggal 300 orang. Sebagian besar karyawan menentang keras kebijakan PHK Nokia, yang diputuskan oleh manajemen Microsoft sebagai perusahaan induk.

Oleh karena itu, Microsoft mengambil berbagai cara untuk merayu karyawan supaya mau resign dengan sukarela. Salah satunya adalah dengan memberikan hadiah ponsel, dengan syarat mereka bersedia menerima paket kompensasi pemecatan secara sukarela.

Menurut laporan Financial Daily, ponsel gratis ini akan diberikan dengan sistem 'first come, first serve' atau dengan kata lain karyawan yang paling cepat mengajukan diri, maka dialah yang berhak mendapatkan ponsel secara gratis. Adapun model yang diberikan secara cuma-cuma yakni Nokia Lumia 630, yang di pasaran dibanderol seharga $130 atau 800 Yuan. Tawaran ini memang tidak menjamin seluruh karyawan bersedia dirumahkan mengingat harga ponsel itu jauh lebih murah dibandingkan harga iPhone 5S di China yang mencapai 4.800 Yuan.

Dengan menerapkan 'trik' ini, Microsoft berharap bisa melaksanakan PHK secara lancar sekaligus meminimalisasi gugatan hukum dari para pekerja. Program PHK sendiri merupakan bagian dari restrukturisasi SDM, yang poin utamanya adalah memangkas jumlah karyawan sebanyak 18000 di seluruh dunia. Fokus PHK ditujukan ke unit bisnis Nokia, yang menjadi anak usaha baru microsoft pasca akuisisi senilai $7.2 miliar bulan April lalu.

[Harga saham Microsoft ditutup pada posisi $43.08 atau melemah 0.67% di sesi perdagangan hari Rabu (05/08).]

 (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar