Minggu, 22 Oktober 2017

cfd  CFD

Microsoft Ciptakan 'Cortana' untuk Saingi 'Siri'

Kamis, 3 April 2014 10:24 WIB
Dibaca 603

Monexnews - Fitur aplikasi suara Siri besutan Apple kini mendapat lawan baru. Setelah Google meluncurkan fitur perintah suara yang dinamai 'Now', maka Microsoft juga tidak mau ketinggalan dengan meluncurkan asisten pribadi dalam sistem operasi Windows 8.1 yang disebut dengan 'Cortana'.

Cortana merupakan aplikasi yang menjalankan perintah suara pada smartphone berbasis Windows terbaru versi 8.1. Personal digital assistant yang baru diluncurkan di San Francisco kemarin ini mampu membantu pencarian via internet, menyetel alarm, mengatur jadwal pertemuan, menemukan restoran favorit, mengirim pesan dan kecanggihan lainnya.

Cara interaksi dengan Cortana sama halnya dengan komunikasi dengan Apple Siri. Pengguna hanya tinggal menekan tombol layar, menanyakan sesuatu dan Cortana akan bekerja mencari jawabannya. Serupa dengan Google Now, Cortana juga bisa mengakses sistem dan aplikasi ponsel secara mandiri untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh 'bos-nya', seperti lokasi, skor pertandingan olahraga, memindai email dan mengupdate jadwal penerbangan.

Kesan personal semakin terasa karena aplikasi ajaib ini juga mampu 'mencium' kebiasaan penggunanya dari siklus pemakaian fitur dalam ponsel. Metodenya adalah dengan mengumpulkan data histori pengguna mulai dari jam bangun tidur, waktu kerja hingga minat dan hobi berdasarkan optimalisasi mesin pencari. Pengguna bahkan bisa memasukkan makanan kesukaannya ke dalam data sehingga Cortana akan menghitung jumlah kalori dan mengkategorikannya sebagai makanan yang disukai sang pengguna.

Walaupun kehandalannya masih harus diuji, Microsoft kembali menunjukkan keseriusannya dalam menggarap industri ponsel cerdas. Setelah proses akuisisi Nokia dituntaskan, CEO Satya Nadella bahkan pernah berjanji untuk menjadikan smartphone sebagai tambang uang baru bagi perusahaan.


[Harga saham Microsoft (NASDAQ:MSFT) ditutup pada posisi $41.35 atau turun 0.17% pada sesi perdagangan hari Rabu (02/04)]

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar