Jumat, 21 Juli 2017

cfd  CFD

Microsoft Gamang Tentukan Bos Baru

Jumat, 29 November 2013 11:22 WIB
Dibaca 578

Monexnews - Dalam satu pekan terakhir nama Alan Mulally dan Satya Nadella gencar difavoritkan untuk menjadi CEO Microsoft. Kalau Mulally mewakili aspirasi pemegang saham yang menginginkan sosok dari luar, maka Nadella diiidamkan karena dianggap tahu isi dapur perusahaan.

Chief Executive Officer (CEO) Ford, Alan Mulally, menjadi unggulan teratas dalam bursa CEO Microsoft pengganti Steve Ballmer. Pihak manajemen Microsoft dilaporkan menempatkan bos Ford itu sebagai kandidat utama dan belum memiliki calon CEO sepeninggal Ballmer tahun depan. Peluang Mulally semakin besar sampai akhirnya muncul nama Satya Nadella, yang merupakan Kepala Bisnis Software di perusahaan besutan Bill Gates itu.

Persaingan keduanya saat ini lebih dipanaskan oleh media ketimbang statement resmi dari pihak direksi dan pemegang saham. Sumber dekat perusahaan yang diwawancarai oleh Bloomberg menyebut jajaran manajemen memang sedang menggodok kedua nama namun tidak juga menutup kehadiran kandidat lain. Pun demikian, potensi kemunculan sosok lain di luar Mulally dan Nadella sangat kecil mengingat masa jabatan CEO lama akan segera habis.

Salah satu eksekutif paling disegani di Amerika Serikat, Mark Hurd, sempat masuk dalam bursa kandidat pengganti Steve Ballmer di kursi CEO Microsoft. Namun dalam pernyataannya terakhir, pria yang sedang menjabat sebagai Presiden Oracle itu mengaku betah di posisinya sekarang. Dua nama lain yang peluangnya belum habis adalah Bos Nokia, Stephen Elop dan mantan CEO Skype, Tony Bates.

Meski diklaim sebagai kandidat terkuat, Mulally tadinya tidak berpikir untuk pindah. namun pria berusia 68 tahun ini perlahan mau membuka pintu negosiasi. Di awal bulan September, ia memang menegaskan komitmennya untuk terus mengabdi pada raksasa otomotif Amerika sampai pertumbuhan laba meningkat signifikan. "Saya suka bekerja di Ford dan akan terus demikian," ujarnya kepada reporter Bloomberg kala itu. Namun dengan adanya dukungan dari internal Ford dan Microsoft, sulit baginya untuk menolak tantangan baru.


*Harga saham Microsoft (NASDAQ:MSFT) ditutup pada posisi $37.60 atau menguat 0.67% pada sesi perdagangan semalam (28/11).

*Jika nantinya Alan Mulally terpilih sebagai CEO, sentimen positif pasar terhadap Microsoft kemungkinan lebih tinggi ketimbang jika Nadella yang akhirnya menduduki posisi CEO. Kehadiran sosok high-profile dengan rekam jejak mumpuni kerap menjadi pemicu kenaikan harga saham. Korelasi seperti ini bisa dilihat pada pergerakan saham Yahoo, yang melonjak lebih dari 100% sejak Marissa Mayer ditunjuk menjadi CEO satu setengah tahun silam. 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar