Sabtu, 29 April 2017

breaking-news GDP AS Q1 0,7%; estimasi 1,3%; Q4 2016 2,1%

cfd  CFD

Microsoft Optimis Angka Penjualan Ponsel Windows Melesat

Selasa, 3 Maret 2015 11:32 WIB
Dibaca 979

Monexnews - Walaupun pertumbuhan bisnisnya terbilang lambat, Microsoft terus berupaya meyakinkan publik bahwa penjualan ponsel cerdasnya akan meningkat. Dengan bermodalkan sistem operasi Windows versi baru, nantinya produk smartphone buatan salah satu perusahaan termahal di Amerika ini akan 'terlalu sulit untuk diabaikan konsumen'. 

Pernyataan tersebut dilontarkan oleh juru bicara perusahaan kepada awak media kemarin. Menurut data terbaru IDC, ponsel berbasis sistem Microsoft memang kesulitan bersaing dengan merek-merek besar seperti Apple dan Samsung. Pangsa pasar sistem operasi Windows menciut dari 3,3% menjadi hanya 2,7% tahun lalu. Padahal dalam sebuah konferensi pers dua tahun lalu, perwakilan Microsoft sesumbar kalau Windows Phone mampu meraih market share hingga 10% di berbagai negara termasuk Prancis dan Inggris. Meski target itu sempat tercapai, jumlah penjualan terus menurun dari tahun ke tahun karena Windows kehilangan peminat. Di Inggris misalnya, pangsa pasar Windows Phone anjlok dari 10,8% menjadi 7% di bulan November 2013 karena tergerus oleh inovasi sistem operasi lainnya. Microsoft menjanjikan angka penjualan meningkat untuk produknya yang akan rilis di masa mendatang. Namun pihak perusahaan belum mau menyebut kelebihan apa yang akan ditawarkan sistem operasi Windows anyar untuk menyaingi Android dan iOS. 

Microsoft tahun lalu resmi membeli bisnis ponsel Nokia dengan nilai kesepakatan fantastis mencapai $7,2 miliar atau lebih dari Rp8 triliun. Microsoft berhak menguasai lini bisnis produk, layanan dan lisensi Nokia untuk menggenjot pemasukan usaha. Pasca pembelian Nokia, pihak direksi memancang visi besar dalam proyek pengembangan bisnis ponselnya. Adapun dua poin yang paling penting yaitu:
1. Nokia harus menciptakan produk-produk yang mencerminkan kualitas tinggi Microsoft guna memenangi persaingan di industrinya.
2. Microsoft tidak memperkenankan Google dan Apple untuk masuk ke dalam ekosistemnya dengan cara mendominasi secara penuh segala inovasi pada piranti keras dan lunak.

Dari jumlah sebesar itu, $5 miliar dialokasikan untuk pembelian hak atas bisnis produk Nokia dan $2,18 miliar untuk menguasai dan mendaftarkan hak kekayaan intelektual Nokia. Di dalam portofolio hak paten Nokia tedapat sekitar 8,500 paten desain. Jika dibedah lebih dalam, Microsoft juga berhak atas 30,000 utility patents dan paten atas aplikasi-aplikasi Nokia. Sekitar 32,000 karyawan Nokia akan ditransfer menjadi pegawai Microsoft sesuai bagian kesepakatan. Pangsa pasar smartphone Nokia pada tahun 2007 adalah sekitar 49.4%, sebelum akhirnya anjlok menjadi hanya 4.3% di musim gugur 2012.

[Harga saham Microsoft (NASDAQ:MSFT) ditutup pada posisi $43.88 atau menguat 0,07% pada sesi perdagangan hari Senin kemarin (02/03)]. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar