Kamis, 30 Maret 2017

cfd  CFD

Miskin Inovasi Dituding Jadi Pangkal Kerugian Sony Corp.

Kamis, 1 Mei 2014 11:30 WIB
Dibaca 491

Monexnews - Meskipun masih berdiri sampai sekarang, tidak banyak orang yang tahu kalau Sony Corp. kesulitan meraih laba dari bisnis alat elektronik. Untuk tahun fiskal yang berakhir 31 Maret 2014 saja, Sony diprediksi mencetak kerugian ke-limanya dalam enam tahun terakhir.

Sebagian besar analis menilai pangkal menurunnya kinerja penjualan raksasa asal Jpeang ini adalah soal inovasi. Perusahaan dianggap terlalu kaku dalam menciptakan produk sehingga ketinggalan arus persaingan. Kalaupun ada produk yang masih disukai oleh konsumen, tak lain adalah konsol permainan Playstation, yang sudah rilis untuk generasi 4.

"Inovasi terakhir yang bisa dilakukan Sony adalah investasi senilai $2 juta pada proyek properti. Itu bukan suatu langkah yang bagus," ujar Ben Collett, Kepala Investasi Saham Sunrise Brokers, kepada CNBC. Seperti diberitakan oleh koran Nikkei, Sony akan masuk ke bisnis real-estat dengan membangun divisi properti di Tokyo.

Sedangkan untuk laporan keuangan tahunan yang berakhir 31 Maret lalu, Sony diperkirakan mencatat kerugian 110 miliar Yen atau $1.08 miliar. Hasil revitalisasi bisnis, seperti penutupan produksi televisi, belum sepenuhnya menunjukkan hasil. Alhasil, harga sahamnya anjlok 25% sejak menembus level tertinggi dalam dua tahun terakhir pada bulan Mei tahun lalu. Persentase penurunan itu nyaris tiga kali lipat lebih besar dibandingkan rasio pelemahan indeks Nikkei yang hanya 9% pada periode yang sama.

Pekerjaan rumah bagi Sony sekarang adalah berpikir soal inovasi, sebagaimana mereka lakukan dulu saat membuat Walkman dan Playstation. Padahal dalam sejarahnya, perusahaan pertama yang menjual TV LCD dan E-book bukanlah Samsung atau Amazon, melainkan Sony. Namun proyek pengembangan produsen elektronik negeri sakura ini makin dipertanyakan karena produk saingan mereka justru lebih laris di pasaran.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar