Minggu, 22 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

cfd  CFD

Motorola Pangkas Harga Produk Pesaing Galaxy S4

Kamis, 2 Januari 2014 10:35 WIB
Dibaca 808

Monexnews - Motorola memangkas harga jual produk andalannya mulai pekan ini supaya lebih terjangkau bagi calon pembeli. Perusahaan yang dimiliki oleh Google Inc ini ingin meningkatkan daya saing dengan produk-produk lain yang lebih dulu mapan seperti Samsung seri Galaxy dan iPhone terbaru.

Dalam postingan blog-nya, Motorola mengumumkan harga jual yang lebih murah untuk produk andalannya. Ponsel Moto X berkapasitas memori 16 gigabyte kini hanya dibanderol $399 atau Rp4.8 juta tanpa ikatan kontrak dengan pihak operator. Harga itu lumayan murah jika dibandingkan harga awal sejak pertama kali Moto X dirilis, yakni $550.

Dengan pematokan harga di bawah Rp5 juta, Moto X menjadi lebih terjangkau ketimbang ponsel andalan Samsung, yakni Galaxy S4, yang dijual seharga $600 atau Rp 7.2 juta. Motorola juga ingin menarik calon pembeli yang tidak memiliki kocek besar untuk meminang satu unit iPhone 5s yang dibanderol $650 di Amerika. Moto X di-plot sebagai alternatif produk bagi pembeli yang ingin smartphone mutakhir tanpa harus menjadi boros pengeluaran.

Penurunan harga jual merupakan salah satu program yang dicanangkan Chief Executive Dennis Woodside tahun ini. Di bawah komandonya, perusahaan juga tidak takut untuk mengeluarkan ponsel 'murah' dengan kemampuan bagus yakni Moto G ($179). Namun demikian, efek dari pemangkasan harga kemungkinan besar lebih terasa di luar Amerika. Hal ini karena jumlah konsumen yang membeli ponsel cerdas di negara-negara berkembang tanpa kontrak operator, jauh lebih besar dibandingkan di Amerika.

Dengan harga $399, Motorola artinya akan mengambil untung lebih sedikit dibandingkan perusahaan pesaingnya. Biaya total dari komponen-komponen di dalam Moto X 16 giga adalah sekitar $200 (versi TechInsights) atau sama dengan harga suku cadang yang tertanam di Samsung Galaxy S4. Namun harga Galaxy sekarang lebih mahal 50% dibandingkan harga Moto X sehingga jika dihitung-hitung, Motorola rela mengambil laba lebih kecil asalkan produknya bisa diterima pasar. 


*Harga saham induk usaha Motorola, yakni Google Inc (GOOG), ditutup pada posisi 1,120.71 atau naik 1% pada sesi perdagangan terakhir 2013 (31/12)

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar