Selasa, 17 Januari 2017

cfd CFD

Mr. BRIC Pensiun dari Goldman Tahun Ini

Rabu, 6 Februari 2013 14:17 WIB
Dibaca 551

Monexnews -

Monexnews - Goldman Sachs akan kehilangan salah satu sosok pentingnya dalam beberapa bulan ke depan. Adalah Jim O'Neill, yang bersiap untuk mundur tahun ini setelah mengabdi kepada perusahaan keuangan terbesar Amerika itu selama 20 tahun.

O'Neill saat ini menjabat sebagai Presiden Goldman Sachs divisi aset manajemen. Ia selalu dikenang sebagai orang pertama yang mengidentifikasi kemunculan negara-negara ekonomi baru dan menyebutnya dengan akronim BRIC (Brazil, Russia, India dan China). Reputasinya makin moncer setelah pelaku pasar melihat proyeksinya tentang ekonomi dunia beberapa kali terbukti benar.

Pada tahun 2001 silam, ia meramalkan kekuatan-kekuatan ekonomi tadi akan mengendalikan perekonomian dunia dalam beberapa dasawarsa ke depan. O'Neill menjagokan China sebagai kuda hitam yang mampu menggoyang hegemoni Amerika dan Jepang. Sampai sekarang ia masih memandang bullish negara China, sebagaimana diungkapkannya saat wawancara dengan Fortune bulan lalu. O'Neill meyakini bahwa bursa saham China akan rebound tahun ini berkat efek percepatan ekonomi nasionalnya. "Saya melihat hal yang mengkhawatirkan dari India dan Brazil, tapi tidak halnya dengan China," tuturnya kala itu.

O'Neill melihat ada potensi masalah baru di India dan Brazil, khususnya di bidang politik dan moneter. "Orang India berasumsi (perekonomian) mereka bisa tumbuh 8% tapi tidak melakukan apa-apa. Mereka enggan mengubah kebijakan yang sesungguhnya bisa mendongkrak arus investasi berorientasi pada produktivitas," tambahnya. Sementara untuk Brazil, Jim O'Neill memandang mata uangnya sudah overvalued dan lini non-komoditinya tidak memiliki daya saing yang bagus. Namun O'Neill memuji keberanian pemerintah untuk menekan penguatan mata uangnya tahun ini walaupun risikonya juga sangat besar.

Goldman sudah mengkonfirmasi kepergian Jim O'Neill dalam surat yang diteken oleh Lloyd Blankfein dan Gary Cohn. Di situ, perusahaan memuji peran O'Neill selama 20 tahun pengabdiannya di Goldman. Pun demikian, memo itu tidak mencantumkan tanggal pensiun Mr. BRIC dan alasan di balik pengunduran diri itu. Saham Goldman Sachs ditutup menguat $150.45 atau setara 2% pada sesi perdagangan hari Selasa (05/02).

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar