Minggu, 28 Mei 2017

cfd  CFD

Nokia Luncurkan Ponsel Kamera Super-pixel

Jumat, 12 Juli 2013 10:47 WIB
Dibaca 435

Setelah masa kejayaan seri Lumia 920 memudar, Nokia merilis ponsel suksesor dengan spesifikasi kamera di atas rata-rata. Produsen asal Finlandia resmi meluncurkan Lumia seri 1020 dengan kualitas kerapatan foto mencapai 41-megapixel!

Monexnews - Kamera memang menjadi salah satu fasilitas andalan Nokia untuk bersaing dengan produsen ponsel pintar lainnya. Di seri 1020 terbaru, sensor dan lensa diklaim lebih mampu menangkap gambar dengan kualitas tinggi dan bahkan lebih baik dari kamera digital entry-level di pasaran. Tampilan fisiknya pun tidak kalah menarik dibandingkan pendahulunya sehingga tetap nyaman dan atraktif untuk digenggam.

Lumia 1020 memiliki layar berukuran 4.5 inci dan resolusi 1280x768. Tim insinyur Nokia juga membenamkan RAM berkapasitas 2 gigabyte serta chipset dua prosesor Snapdragon S4 keluaran Qualcomm. Selain daya RAM yang dilipatgandakan, spesifikasi mesin lainnya masih sama dengan varian 920 sehingga secara garis besar Nokia memang benar-benar serius meng-upgrade kuailtas kamera untuk bisa bersaing di pasar ponsel pintar.

Sensor 41-megapixel juga pada akhirnya tidak menghasilkan gambar yang spektakuler seperti yang ada di benak calon konsumen. Terlebih lagi, tentu hanya sedikit orang yang ingin mencetak atau mengirim foto dengan ukuran se-raksasa itu. Namun keberadaannya lebih untuk menggantikan fungsi zoom di kamera ponsel lain dengan kategori point-and-shoot. Hasil kamera pada ponsel pada umumnya buram atau terpecah ketika di-zoom beberapa kali lipat., oleh karena itu sensor 41-megapixel akan sangat membantu pengguna untuk mendapatkan kualitas foto yang tetap tajam. Tidak peduli berapa kali gambar tersebut di-zoom, kualitasnya akan tetap sama seperti ukuran original saat pengambilan. Hal ini memudahkan proses pemotongan untuk objek tertentu pada foto, di mana kualitas gambar tetap tajam dan akurat pasca cropping.

Sebagai tambahan, Nokia membuat aplikasi penyempurna gambar sebagai pelengkap sekaligus merangkul pengembang dari luar dalam penyediaan aplikasi penunjang. Aplikasi Pro Camera buatan Nokia sendiri memberikan fasilitas kontrol manual bagi penggunanya dalam proses pengambilan gambar. Setiap komponen pengaturan bisa dilakukan sesuka hati baik itu eksposur, ISO, kecepatan shutter dan white balance sebagaimana biasa dilakukan pada kamera digital. Setelah proses pengambilan gambar selesai, penggunanya bisa langsung mengunggah hasilnya ke sosial media seperti Vyclone, Path, Snapcam, Panagraph, Hipstamatic dan lain lain, yang aplikasinya sudah tersebia di store.

Terlepas dari reputasinya yang makin turun, Nokia masih mempunyai basis pasar kuat di berbagai wilayah dan berpotensi memperluas pemasarannya seiring minat konsumen terhadap ponsel berbasis Windows. Walaupun secara fitur dan komponen seri 1020 tidak banyak bertransformasi, tampila dan kualitas kamera yang ciamik dapat menggoda siapa saja yang melihatnya.

*Harga saham Nokia (NOK)ditutup pada level $4.21 atau naik 1.7% pada sesi perdagangan Kamis (11/07) di New York

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar