Sabtu, 22 Juli 2017

cfd  CFD

Nook, Investasi Gagal Microsoft di Industri Tablet

Jumat, 5 Desember 2014 9:48 WIB
Dibaca 675

Monexnews - Bukan hanya investor perorangan yang bisa menerima kerugian besar dari penanaman modalnya. Perusahaan sebesar Microsoft bahkan juga pernah mengalami kegagalan investasi dan dipaksa merugi hingga ratusan juta Dollar.

Microsoft menjual sahamnya di Nook kepada perusahaan Barnes & Noble. Penjualan saham Nook kepada pemilik awalnya tersebut dilakukan dengan konsekuensi kerugian Microsoft mencapai $238 juta atau Rp2,9 triliun.

Nook merupakan anak usaha Barnes & Noble yang membuat produk e-reader atau alat baca elektronik. Pada bulan April 2012, Microsoft memutuskan untuk membeli saham Nook sebesar $300 juta atau setara 17,6% dari kepemilikan totalnya dari tangan Barnes & Noble. Namun karena merasa gagal melaba dan tidak mau merugi lebih besar lagi, perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates itu kembali menjual sahamnya kepada Barnes & Noble hanya seharga $62 juta dalam bentuk uang tunai.

Meskipun Barnes & Noble sudah melakukan restrukturisasi besar-besaran terhadap Nook, perusahaan ini masih saja sulit berkembang. Barnes & Noble bahkan terpaksa merumahkan sebagian karyawan yang bekerja untuk Nook dan menyerahkan produksi tablet elektroniknya itu kepada perusahaan teknologi lain, Samsung.

Sempat beredar kabar bahwa Microsoft akan sepenuhnya mengambil alih bisnis Nook dengan nilai akuisisi mencapai $1 miliar tahun lalu. Tetapi sampai dengan saat ini rumor itu urung terbukti, dan Microsoft justru menjual seluruh sahamnya kepada Barnes & Noble. Nook kemungkinan besar segera gulung tikar karena produk tablet elektronik ini gagal bersaing dengan produk yang lebih mapan semacam Amazon, Kindle, iPad dan gadget-gadget Android Google.

[Harga saham Microsoft (NASDAQ:MSFT) ditutup pada posisi $48.84 atau menguat 1,58% pada sesi perdagangan hari Kamis )04/12).]

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar