Jumat, 20 Januari 2017

breaking-news Klaim pengangguran AS turun menjadi 234K di pekan lalu vs 249K, estimasi pada 252K

cfd CFD

Obat Pelangsing Palsu Buatan GSK Beredar di AS dan Puerto Rico

Jumat, 28 Maret 2014 11:11 WIB
Dibaca 923

Monexnews - Berbagai cara dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan bentuk tubuh yang proporsional secara instan. Selain diet, jalan pintas yang kerap dipilih adalah dengan mengkonsumsi obat pelangsing buatan produsen farmasi terkemuka.

Mengingat tingkat konsumsinya sangat tinggi di beberapa negara, obat pelangsing kerap menjadi target pemalsuan oleh sindikat kriminal. Di Amerika Serikat dan Puerto Rico, otoritas pengawas kesehatan menemukan adanya obat bermerk Alli yang jelas-jelas tidak otentik. GlaxoSmithKline (GSK), perusahaan yang memproduksi Alli, mengakui telah menerima laporan tentang beredarnya obat pelangsing palsu tersebut. GSK memerintahkan semua produk Alli yang beredar di kedua negara untuk ditarik dan diselidiki lebih lanjut.

Perusahaan asal Inggris ini menemukan isi botol Alli bukan lah obat yang mereka produksi. Bahkan 'pembajakan' obat terbilang asal-asalan karena botol Alli palsu yang beredar berisi macam-macam bentuk obat, mulai dari kapsul, pil dan tablet dengan beragam ukuran dan warna. "Sebagai tambahan, label keterangan dalam beberapa botol sudah rusak dan segelnya tidak asli lagi," ujar juru bicara GSK, Deborah Bolding, kepada media Amerika.

GSK telah menerima laporan 20 botol cacat atau palsu dari 12 konsumen. Namun demikian, belum ada laporan gangguan kesehatan akibat konsumsi obat-obatan tersebut. Pihak perusahaan belum bisa memastikan apakah produknya memang sengaja dipalsukan atau memang diambil isinya untuk kepentingan pihak-pihak tertentu. "Kami belum menerima laporan tentang efek negatif dari konsumsi obat yang rusak," tambah Bolding. Tim peneliti GSK masih mencari tahu kandungan pil yang terdapat dalam botol Alli dan apa efeknya terhadap kesehatan.

Kapsul Alli yang asli adalah berwarna biru muda dengan pita berwarna biru gelap yang bertuliskan '60 orlistat', nama kandungan zat aktif yang mencegah penyerapan lemak ke dalam tubuh. Alli yang diklaim palsu ditemukan di wilayah Alabama, Florida, Louisiana, Mississippi, New York, North Carolina dan Texas. Meskipun dijual juga di Eropa, belum ada laporan tentang kejanggalan serupa dari wilayah tersebut. GSK juga menyatakan siap bekerjasama untuk melakukan investigasi dengan Food and Drug Administration untuk mengungkap kasus ini.

[Harga saham GlaxoSmithKline (OTCQB:GLAXF) ditutup pada posisi $26.60 pada sesi perdagangan hari Kamis (27/03) atau melemah 2.5% dibandingkan level pembukaan.]

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar