Sabtu, 27 Mei 2017

cfd  CFD

Pabrik di China Tutup, 9000 Karyawan Microsoft Kena PHK

Jumat, 27 Februari 2015 13:38 WIB
Dibaca 1790

Monexnews - Microsoft berencana menutup dua pabriknya yang berlokasi di China pada akhir Maret mendatang. Menurut laporan Dow Jones dan media Nikkei, sebanyak 9000 orang akan kehilangan pekerjaan akibat kebijakan tersebut.

Penutupan pabrik Microsoft yang terletak di kota Beijing dan Dongguan, China, adalah bagian dari program pengurangan tenaga kerja pasca akuisisi anak usaha Nokia bulan Juli tahun lalu. Nokia mewariskan dua pabrik ponsel di China kepada pemilik barunya itu.

Microsoft berencana mengurangi 18000 tenaga kerja di seluruh dunia seiring dengan penutupan pabrik dan kantor perwakilannya. Bukan hanya untuk efisiensi, PHK memang menjadi konsekuensi perusahaan pasca pembelian Nokia. Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini merasa perlu merumahkan karyawannya di dua pabrik China dan memindahkan perakitan ponsel ke Hanoi, Vietnam. Adapun 12.500 orang dari target PHK 18000 orang tersebut merupakan pekerja Nokia.

Nokia resmi menjadi milik Microsoft tahun lalu dengan mahar sebesar $7,2 miliar atau Rp8 triliun lebih. Microsoft berhak menguasai lini bisnis produk, layanan dan lisensi Nokia pasca akuisisi. Dengan mengambilalih nyaris seluruh mesin operasional raksasa ponsel ini, perusahaan optimis pertumbuhan laba perusahaannya semakin bagus di masa depan.

Pasca pembelian Nokia, Bill Gates dan kolega menetapkan visi dalam proyek pengembangan bisnis ponselnya. Adapun dua poin yang paling penting yaitu:

1. Nokia harus menciptakan produk-produk yang mencerminkan kualitas tinggi Microsoft guna memenangi persaingan di industrinya.

2. Microsoft tidak memperkenankan Google dan Apple untuk masuk ke dalam ekosistemnya dengan cara mendominasi secara penuh segala inovasi pada piranti keras dan lunak. Namun prinsip ini kemudian goyah, seiring adanya kerjasama antara Nokia dan Google terkait sistem operasi Android.

Dalam rencana akuisisinya terhadap Nokia, Microsoft mempertimbangkan begitu banyak hal mulai dari prospek penjualan hingga faktor sumber daya manusia. Di dalam portofolio hak paten Nokia tedapat sekitar 8,500 paten desain. Jika dibedah lebih dalam, Microsoft juga berhak atas 30,000 utility patents dan paten atas aplikasi-aplikasi Nokia.


[Harga saham Microsoft (NASDAQ:MSFT) ditutup pada posisi $44.06 atau menguat 0,15% pada sesi perdagangan hari Kamis kemarin (26/02).] (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar