Kamis, 19 Oktober 2017

cfd  CFD

Pasca Kontrak Energi, Harga Saham Apple Semakin Mahal

Rabu, 11 Februari 2015 10:02 WIB
Dibaca 945

Monexnews - Apple semakin memantapkan diri sebagai perusahaan termahal di dunia dengan kapitalisasi pasar mencapai angka $700 miliar. Harga saham produsen iPhone ini melonjak di Wall Street setelah ada kesepakatan soal kontrak tenaga listrik dengan perusahaan asal California.

Apple Inc dipastikan mengontrak jasa perusahaan bernama The First Solar untuk memasok keperluan listriknya untuk jangka panjang. Nilai transaksi biaya langganan listrik tenaga matahari ini diperkirakan sebesar $850 juta. Kontrak jangka panjang dengan First Solar disambut baik oleh investor karena dianggap sebagai langkah jitu untuk menghemat pengeluaran.

The First Solar memiliki pembangkit tenaga dengan kapasitas produksi listrik setara 60.000 rumah. Perusahaan ini nantinya akan memasok listrik ke komplek perkantoran eksklusif milik Apple berikut dengan kantor-kantor cabang dan 52 toko di seluruh Amerika Serikat.

Kabar kerjasama tersebut disambut dengan aksi beli saham di bursa New York sehingga harga saham Apple melonjak pada sesi perdagangan hari Selasa (10/02). Dengan demikian maka Apple masih menjadi perusahaan dengan perputaran modal terbesar di dunia dengan kapitalisasi mencapai $710,74 miliar untuk pertama kalinya dalam sejarah.

"Kami mengharapkan suatu penghematan besar dengan membayar kebutuhan energi dengan harga tetap," ujar CEO Apple, Tim Cook, dalam konferensi teknologi di San Francisco. Ia menegaskan bahwa penggunaan tenaga matahari juga merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap kampanye perubahan iklim.

Di bawah kesepakatan dengan The First Solar, Apple akan mendapat jatah listrik 130 megawatt selama 25 tahun. Apple tidak akan menerima saham dari proyek pengadaan listrik ini dan pembayarannya dilakukan secara berkala selama fasilitas listrik disuplai. "Mereka bekerjasama dengan kami karena melihat besarnya biaya pengeluaran yang bisa dihemat," kata juru bicara First Solar, Steve Krum.

[Harga saham Apple Inc (NASDAQ:AAPL) ditutup pada posisi $122.02 atau menguat 1,92% dibandingkan level pembukaannya. Sementara saham First Solar (NASDAQ:FSLR) naik 4,77% ke posisi $48.54 di sesi perdagangan Selasa (10/02).]

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar