Rabu, 18 Januari 2017

cfd CFD

Penjualan Surface Puaskan Direksi Microsoft

Jumat, 25 Oktober 2013 11:06 WIB
Dibaca 369

Monexnews - 'Surface' masih berjuang menarik simpati konsumen di tengah kerasnya persaingan industri tablet PC. Sejak pertama kali dijual tahun lalu, tablet canggih besutan Microsoft ini belum mampu mengimbangi angka penjualan iPad. Namun bukan berarti peluang untuk masuk dalam daftar tablet PC terlaris tertutup rapat, karena faktanya produk ini mulai diburu konsumen.

Dalam laporan keuangan kuartal III 2013 yang dirilis oleh Microsoft beberapa jam lalu, pos laba dan penjualan produk naik di atas estimasi pelaku pasar. Pendapatan bersih bertambah 17% ke angka $5.24 miliar atau setara laba 62 sen per saham. Jumlah itu lebih besar dibandingkan catatan net income kuartal yang sama tahun 2012 di angka $4.4 miliar atau 53 sen per saham. Terlepas dari apiknya kinerja operasional emiten bentukan Bill Gates itu, terdapat satu fakta menarik yaitu adanya kemajuan dalam penjualan produk konsumen non-software.

Pada kuartal III tahun ini, angka penjualan Surface naik lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. Pemasukan kotor dari penjualan Surface mencapai $400 juta atau sekitar Rp4.3 triliun. Dalam sebuah wawancara telepon dengan media, Amy Hood, Executive Vice President dan CFO Microsoft mengatakan adanya suatu 'kemajuan berarti' pada lini bisnis produk konsumen seperti Surface dan XBox. Eksekusi penjualan yang apik menjadi resep dari peningkatan jumlah pemasukan khususnya di masa-masa musim liburan. Mengingat di saat inilah konsumen kerap membelanjakan uangnya dalam jumlah besar untuk produk-produk baru dan perangkat elektronik.

Kebijakan direksi untuk tetap mempertahankan proyek pengembangan tablet Surface mulai terlihat hasilnya. Pada laporan keuangan terdahulu, Microsoft sempat menelan kerugian $900 juta dari sisa produk Surface yang tidak terjual. Kondisi itu tergolong memalukan dan sempat menuai kritikan dari banyak pihak. Namun berkat adanya perbaikan angka penjualan di penghujung 2013, produsen sotware terbesar dunia itu diperkirakan kembali meng-intensifkan proyek pengembangan tabletnya.


*Harga saham Microsoft (NASDAQ:MSFT) ditutup pada posisi $33.72 pada sesi perdagangan reguler semalam (Kamis 24/10) atau turun 0.12%. Efek positif dari kenaikan laba kuartal III belum tercermin dari kinerja saham hari Kamis, karena laporan keuangan dirilis setelah penutupan bursa. Pelaku pasar dipastikan baru mengantisipasi hasil laporan keuangan pada sesi perdagangan nanti malam (Jumat 25/10).

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar