Selasa, 17 Januari 2017

cfd CFD

P&G Gebrak Pasar dengan Pasta Gigi Rasa Cokelat

Senin, 27 Januari 2014 12:21 WIB
Dibaca 715

Monexnews - Berbagai cara dilakukan oleh produsen alat kesehatan untuk memanjakan pelanggan setianya. Banyak dari perusahaan yang bergerak di sektor farmasi ingin agar aktivitas merawat kesehatan bisa lebih menyenangkan bagi pihak konsumen, seperti yang dilakukan oleh Procter&Gamble. 

Tim riset dan pengembangan Procter&Gamble atau biasa disebut P&G baru saja mengeluarkan pasta gigi dengan varian baru. Dalam sebuah conference call dengan investor dan analis akhir pekan lalu, perusahaan produk konsumen tersebut mengutarakan keinginan untuk memberikan 'pengalaman baru' saat bersikat gigi kepada masyarakat. Terdapat 3 rasa baru yang akan diperkenalkan dalam waktu dekat yakni cokelat mint, spearmint lemon dan vanilla mint. "Suatu nuansa kelezatan baru dalam bersikat gigi," kurang lebih demikian cara tim marketing P&G mensosialisasikan produknya. Terdengar berlebihan, namun patut ditunggu efeknya kepada konsumen. Investor dan analis sendiri tidak menunjukkan suatu antusiasme yang luar biasa pasca pembicaraan dengan pihak direksi. 

Memang tidak banyak yang bisa dilakukan oleh perusahaan pembuat produk-produk kebutuhan sehari-hari untuk mengerek penghasilannya. Terlepas dari kemapanan yang sudah diraih, hanya ada 3 hal yang bisa mendorong kinerja keuangan perusahaan lebih tinggi lagi yaitu: ekspansi bisnis ke wilayah lain, membuat produk yang lebih baik dan memanjakan konsumen dengan barang baru. Poin ke-3 inilah yang sedang dilakukan oleh P&G melalui pengenalan pasta gigi rasa cokelat.

Sejak dipimpin oleh A.J. Lafley dalam dua kuartal terakhir, angka penjualan P&G memang membaik. Sales kuartal akhir 2013 meningkat tipis 1.3% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Namun di sisi lain, perolehan laba belum sepenuhnya membaik karena jumlah profit justru turun 6.1%. Dalam periode ini, dua produk andalan yang dirilis oleh perusahaan termasuk kertas handuk tahan lama dan deodoran yang ditujukan untuk mengurangi keringat akibat stress. Keduanya mendapat sambutan yang baik dari pihak konsumen meskipun belum mampu mengangkat angka penjualan secara dramatis. Pun demikian, strategi P&G menuai pujian dari lembaga keuangan dan investasi. Analis Barclays, Lauren Lieberman, mengatakan rangkaian produk P&G beberapa tahun terakhir lebih memiliki nilai lebih dan bukan sekedar inovasi musiman. Namun terlepas dari bagusnya kualitas line-up produk perusahaan ini, pasta gigi dengan citarasa cokelat jelas merupakan suatu pertaruhan bisnis di 2014.

[Harga saham Procter & Gamble (NYSE:PG) ditutup pada posisi $79.18 atau menguat 1.20% pada sesi perdagangan hari Jumat (24/01)]

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar