Minggu, 22 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

cfd  CFD

Program Efisiensi Citigroup Makin Agresif

Rabu, 6 Maret 2013 11:55 WIB
Dibaca 693

Monexnews - Citigroup berencana memangkas jumlah bonus bagi para karyawannya sebesar 10% tahun ini. Kebijakan ini merupakan pil pahit ekstra bagi pekerja setelah berita rencana PHK 11.000 orang yang didengungkan oleh CEO baru, Michael Corbat.

Rata-rata karyawan harus rela bonusnya dipotong antara 5% dan 10%. Hanya staf-staf dalam golongan karyawan dengan kinerja terbaik yang tidak akan merasakan pemangkasan jumlah bonus. Citigroup sebelumnya sudah mem-PHK sebanyak 1200 SDM dari divisi investment banking di kuartal IV 2011, kemudian disusul oleh pemberhentian 350 karyawan di semester pertama 2012. Perusahaan terpaksa mengambil langkah tersebut karena unit bisnis perbankan investasi tidak lagi se-cemerlang beberapa tahun silam dan hanya menggerus kas keuangan.

Michael Corbat kembali membuat pernyataan tidak populer tentang upaya efisiensi perusahaannya. Dalam konferensi layanan jasa keuangan Citigroup di New York kemarin, sang CEO mengirimkan pesan verbal yang lugas, yakni masih ada kemungkinan PHK dan efisiensi anggaran apabila diperlukan. "Kinerja anda dinilai dari aturan dan hasil yang anda buat," ujar Corbat di hadapan investor dan analis. Ia mengidentifikasi adanya 21 produk yang keberadaannya harus ditinjau kembali, atau bahkan dihapuskan jika benar-benar tidak menguntungkan. Keseluruhan produk tersebut memberi kontribusi 10% terhadap pemasukan utama Citigroup.

Lebih lanjut, Corbat bahkan segera mencabut 60% produk kartu kredit dari prospektus penawaran supaya fokus layanan dan jumlah pengeluaran lebih terjaga. Reformasi bisnis ini dilakukan untuk menyeimbangkan neraca keuangan dan memperbaiki citra Citi sebagai pengelola dana terpercaya. Corbat sendiri bertekad membersihkan portofolio bisnis Citi dari sisa-sisa aset beracun yang tertimbun sejak krisis finansial 5 tahun silam. Apalagi pemerintah juga tengah mewanti-wanti agar bank-bank terus memperhatikan rasio kecukupan modalnya dan menjauhkan diri dari kepemilikan/pengelolaan aset-aset berisiko tinggi. "Tidak boleh ada ruang untuk kesalahan (manajemen) tahun ini," tegas Corbat. Harga saham Citi ditutup pada level $43.60 pada sesi perdagangan hari Rabu atau naik 1,54%.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar