Senin, 18 Desember 2017

cfd  CFD

Publik China Apresiasi Permohonan Maaf Apple

Rabu, 3 April 2013 14:56 WIB
Dibaca 600

Monexnews - Publik China sepertinya berkenan memaafkan Apple Inc atas kelalaiannya dalam membantu proses servis dan garansi konsumen. Pasca permohonan maaf Tim Cook yang diumumkan kemarin, media China perlahan melunak dalam pemberitaan yang terkait dengan produsen iPhone dan iPad ini.

Sebagian besar media yang tadinya menyerang kebijakan Apple kini berbalik mengucapkan simpati atas kebesaran hati Tim Cook dan kolega. People's Daily sejak pekan lalu kerap mengkritik arogansi perwakilan Apple di China dalam hal pelayanan servis dan garansi bagi konsumen di negara itu. Sementara lembaga perlindungan konsumen juga meminta salah satu pemasok smartphone terbesar sejagad memperbaiki cara komunikasinya dengan pelanggan. Apalagi China merupakan pasar paling menjanjikan bagi produsen teknologi dunia. Penjualan Apple bahkan naik nyaris 40% menjadi $6,8 miliar di kuartal akhir 2012.

Apple beberapa waktu terakhir menuai kecaman dari berbagai media China karena dianggap me-nomorduakan layanan servis dan garansi bagi warga China yang ingin memperbaiki perangkatnya. Dua pekan lalu, Televisi Pusat China sampai mempublikasikan berita yang memaparkan betapa buruknya layanan servis iPhone dan iPad Apple kepada para pengguna setia.

Merespon pemberitaan ini, Tim Cook merilis permohonan maafnya ke publik sebagaimana diminta oleh lembaga konsumen China pada hari Selasa kemarin. Demikian bunyi permohonan maaf CEO Apple kepada publik:

"Dalam dua pekan terakhir, kami telah menerima masukan tentang kualitas garansi dan servis Apple di China. Kami telah mempelajari semua masukan tersebut secara mendalam, mengevaluasinya serta memperbaiki dan menyesuaikan kebijakan dengan pihak pengawas. Kami juga meninjau kembali garansi terhadap perangkat keras dan meminta kepatuhan dari pihak penyedia layanan Apple di China. Dalam proses tersebut, kami menyimpulkan bahwa banyak pihak telah menilai cara komuikasi kami sangat arogan, atau kami tidak peduli dengan semua masukan itu. Dengan setulus hari, kami meminta maaf kepada seluruh pelanggan kami atas segala kebingungan yang timbul dari sikap kami selama ini."

Sebagai kompensasi atas kelalaian perusahaan dalam melayani konsumennya, pihak Apple memberikan fasiltas garansi yang berbeda dibandingkan konsumen di negara lain. Pertama, semua perbaikan di China akan menggunakan suku cadang baru (bukan rekondisi). Ke-dua, ponsel dan tablet yang sudah diperbaiki akan mendapat garansi tambahan selama 1 tahun dari tanggal perbaikan. Tim Cook juga memastikan kalau seluruh perangkat komputer Apple, termasuk iPad, mendapat garansi komponen utama dua tahun.

People's Daily merespon permohonan maaf Apple dengan positif. "Surat (permintaan maaf) tersebut telah menjernihkan situasi dan memulihkan ketegangan antara Apple dan konsumen China. Respon mereka patut dihargai dan menjadi contoh bagi perusahaan Amerika lainnya," demikian People's Daily mengutip artikel dalam tabloid Global Times.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar