Jumat, 21 Juli 2017

cfd  CFD

Punya Layanan Kilat, Amazon Usik Bisnis Walmart dan Macy's

Jumat, 19 Desember 2014 12:33 WIB
Dibaca 767

Monexnews - Perusahaan jual beli online, Amazon, terus melakukan inovasi untuk memuaskan konsumennya. Bukan hanya memanjakan pembeli dengan variasi barang berlimpah, salah satu pelopor belanja via internet ini juga berusaha mempercepat waktu pengiriman.

Kemarin Amazon meluncurkan layanan ekspres di area Manhattan, New York. Konsep utama dari servis super-cepat ini adalah mengantarkan barang-barang kebutuhan sehari-hari hanya satu jam sejak pemesanan. Beberapa barang yang bisa dikirimkan secara cepat antara lain produk perawatan tubuh semacam sabun, shampo dan mainan sekalipun. Untuk bisa menerima paket dalam waktu maksimal satu jam, konsumen dikanakan ongkos kirim $7.99, sedangkan untuk pengiriman 2 jam, Amazon menggratiskan biaya antar.

Setelah menaikkan reputasinya sebagai toko terlengkap dan termurah di antara perusahaan sejenis lainnya, Amazon kini mengincar status sebagai penyedia layanan pesan antar tercepat. Supaya bisa mencapai tujuan ini, saingan Amazon bukanlah perusahaan online namun toko-toko ritel besar semacam Macy's dan Walmart. Kedua perusahaan itu sudah terlebih dahulu memiliki fasilitas pengiriman untuk hari yang sama di beberapa cabangnya.

Amazon sedang merancang pusat layanan super-cepat di wilayah Manhattan. Bukan tidak mungkin pihak direksi juga akan menempatkan karyawan robot-robotnya untuk semakin menghemat waktu pengemasan.

Seperti diketahui awal bulan Desember 2014 Amazon memamerkan pusat logistik canggihnya. Di dalam gudang tersebut, seluruh barang yang akan dikirimkan kepada konsumen dikemas oleh mesin dan robot-robot dalam ukuran besar. Konsumen memang tidak merasakan perubahan layanan secara drastis saat menerima barang pesanannya. Namun untuk Amazon, mereka bisa mempercepat waktu proses barang, mulai dari pengemasan hingga pengiriman ke depan pintu pelanggan. Amazon tidak ingin kasus tahun lalu terulang, di mana barang-barang pesanan yang dibeli sebagai kado natal tidak sampai tujuan sesuai jadwal.

Pihak direksi mengklaim pusat pengemasan berteknologi tinggi ini sukses menciptakan efisiensi. Amazon telah 'mempekerjakan' 15000 robot 'Kiva', yang bertugas untuk mengangkat dan memindahkan rak-rak barang ke tangan karyawan manusia. Keberadaan mereka sukses memangkas waktu pengemasan barang di gudang. Dalam prosesnya, perusahaan mampu memangkas waktu pengemasan dan penempatan ke dalam truk dari beberapa jam menjadi 30 menit saja.

[Harga saham Amazon.com (NASDAQ:AMZN) ditutup pada posisi $297.73 atau melemah 0,38% pada sesi perdagangan hari Kamis (18/12).]

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar