Kamis, 30 Maret 2017

breaking-news GDP AS Q4 direvisi naik menjadi 2.1%, Klaim Penganguran turun menjadi 258K.

cfd  CFD

Ramaikan Persaingan, Google Siapkan TV Pintar

Senin, 7 April 2014 11:49 WIB
Dibaca 494

Monexnews - Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat berlomba merancang produk yang bisa membawa fitur dalam internet ke layar kaca. Besarnya pangsa pasar yang bisa digali industri pertelevisian mendorong beberapa pihak untuk membuat layanan TV pintar atau smart TV.

Google kembali berencana mengeluarkan produk smart TV berupa perangkat decoder yang dinamai Android TV. Sebelumnya Google sudah menggarap proyek ambisius yang disebut dengan merilis Google TV, namun Android TV lebih menjanjikan lebih banyak fitur dan lebih mudah digunakan. Dalam dokumen yang diterima media Amerika, pihak direksi salah satu perusahaan termahal sejagad ini menyebut Android TV sebagai perangkat hiburan, dan bukan perangkat komputer. Statement Google semakin menunjukkan bahwa mereka sangat serius membuat suatu media yang mampu memuaskan pemirsa televis dengan pengalaman baru. Google seakan ingin menghapus kesan sebagai perusahaan spesialis mesin pencari dan layanan komputasi.

Android nantinya akan menjadi sistem utama dalam decoder untuk mengakses tayangan hiburan dan aplikasi via TV. Salah satu kemampuan canggihnya adalah memberikan rekomendasi acara kepada penonton sesaat setelah TV dinyalakan. Belum ada kepastian kapan TV Android akan diluncurkan, namun selentingan yang beredar menyebut perusahaan sedang merekrut developer-developer muda untuk membuat aplikasi baru untuk memanjakan penggunanya. Google tidak ingin produknya hanya mampu mengakses sedikit aplikasi pada saat dirilis ke publik.

Pengumuman Google diterima oleh media kurang dari satu pekan sejak peluncuran produk sejenis oleh Amazon. Pekan lalu, Amazon resmi merambah bisnis teknologi baru setelah meluncurkan perangkat streaming TV yang dinamai 'Fire' (Rabu 02/04).

Amazon Fire adalah sebuah besin portable berbentuk kotak hitam yang berfungsi untuk mengakses internet dari TV biasa. Namun alat seperti decoder ini juga menjadi perangkat untuk berlangganan TV streaming yang dijual dalam paket Amazon Prime. Tidak hanya itu, pelanggan juga bisa mengakses ribuan game dari library Amazon melalui perangkat Fire. Singkat kata, Fire adalah decoder generasi baru yang memungkinkan pengguna mengakses layanan apapun dengan basis internet.

Perangkat ini resmi dibanderol cukup murah yakni seharga $99 atau Rp1.1 juta dan akan segera dikirimkan ke pihak pemesan. Dengan demikian, maka Amazon kini semakin memanaskan persaingan di pasar gadget streaming yang sebelumnya sudah diramaikan oleh Apple, Microsoft dan Sony. Semua perusahaan itu memang menjadi motor peralihan trend tayangan TV kabel ke streaming internet.

Perusahaan juga berjanji kalau produknya akan lebih praktis ketimbang decoder buatan Apple, Microsoft dan Google. Amazon telah mengidentifikasi tiga kekurangan yang dimiliki oleh kompetitornya berdasarkan survei yaitu fitur pencari yang tidak lengkap, performa yang lambat dan ekosistem aplikasi yang minim. Fire diklaim mampu menjawab berbagai kekurangan itu walaupun dijual dengan harga yang bersaing.

[Harga saham Google (NASDAQ:GOOG) ditutup pada posisi $543.14 atau melemah 4.67% di sesi perdagangan hari Jumat (04/04)]

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar