Sabtu, 22 Juli 2017

cfd  CFD

Raup Laba Besar, AIG Bagi Hasil dengan Pemegang Saham

Jumat, 2 Agustus 2013 13:26 WIB
Dibaca 588

Monexnews - Lima tahun sejak nyaris bangkrut, AIG beberapa jam lalu mengumumkan rencana bagi hasil dari sisa modal belanja dengan pihak pemegang saham. Direksi akan membuka brankas untuk melakukan buyback dan berbagi dividen.

Perusahaan asuransi Amerika Serikat akan membayar bunga dividen kuartalan sebanyak 10 sen per saham dan membeli kembali saham yang beredar di pasar reguler senilai $1 miliar. Pasca kabar tersebut mengemuka, saham AIG langsung naik 5% di sesi after-hours. Sementara pada sesi aktif hari Kamis, saham AIG sudah naik sebanyak 3%.

"Kebangkitan usaha kami sangat luar biasa sehingga AIG ingin berbagi imbal hasil dengan pemegang saham yang selama ini mempercayai kami," ujar Robert Miller, Chairman AIG. Pernyataan Miller menggambarkan betapa puasnya ia terhadap perbaikan nasib perseroan. Sebagai salah satu penyedia layanan asuransi terbesar sejagad, AIG sangat terguncang oleh krisis finansial yang menerpa Amerika tahun 2007 silam. Hal ini dimungkinkan karena sebagian besar dana kelolaannya kala itu ditempatkan dalam portofolio penjaminan berbasis perumahan, sektor yang mengawali epidemi krisis besar. Nyaris bangkrut, perusahaan ini kemudian dibantu dana talangan oleh pemerintah sebesar $180 miliar. AIG berhasil melunasi pinjaman plus bunga kepada negara pada tahun 2011 sehingga Departemen Keuangan meraup laba cukup besar dari dana murah yang mereka berikan.

Selain mengumumkan rencana strategis tadi, AIG juga melaporkan bahwa perusahaan mencetak laba $2.7 miliar atau setara $1.84 per saham periode buku kuartal II 2013. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan capaian periode yang sama tahun lalu, yakni $2.3 miliar atau $1.33 per saham. Chief Executive Robert Benmosche menyebut kesuksesan kinerja AIG mencerminkan kembalinya gairah di sektor asuransi. "AIG yang sekarang berbeda, lebih sehat dibandingkan AIG tiga tahun lalu," kilah Benmosche.

*Harga saham AIG ditutup pada level $47.07 atau naik nyaris 3.5% pada sesi perdagangan Kamis (01/08).

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar