Rabu, 25 Januari 2017

breaking-news Laju inflasi CPI kuartal keempat Australia naik 0.5% vs. 0.7%, estimasi 0.7%.

cfd  CFD

Rayakan IPO, Shake Shack Janjikan Makanan Gratis

Jumat, 30 Januari 2015 10:35 WIB
Dibaca 564

Monexnews - Jaringan restoran yang akan segera terjun ke Wall Street, Shake Shack, mulai berbenah untuk mempersiapkan initial public offering (IPO)-nya. Bukan hanya melepas saham ke publik, resto yang cukup terkenal di kota New York ini juga berencana menyebar makanan gratis di lantai bursa.

Saham Shake Shack akan dijual seharga $21 per unit untuk IPO nanti malam. Harga itu termasuk mahal karena mencapai target kisaran atas yang ditetapkan awal pekan ini akibat besarnya animo investor. Dengan demikian, maka Shake Shack akan menggalang modal senilai $105 juta dari IPO sehingga nilai perusahaan melonjak jadi $745,5 juta. Untuk merayakan debut di Wall Street, pihak direksi akan mengubah New York Stock Exchange menjadi New York Shack Exchange dengan cara mendatangkan truk makanan gratis di depan gedung bursa.

Kesuksesan beberapa restoran dalam menggalang modal segar di lantai bursa mendorong Shake Shack untuk melakukan hal serupa. Resto spesialis menu burger, hot dog dan milkshake ini mantap menjual sahamnya ke publik di awal 2015.

Shake Shack merupakan restoran milik pebisnis kuliner Daniel Meyer yang didirikan pada tahun 2001. Meyer sendiri adalah pengusaha yang sudah memiliki beberapa jaringan restoran termasuk Blue Smoke, Gramercy Tavers dan Union Square. Pasca IPO nanti, maka nilai 21% saham yang dimiliki Meyer akan melambung jadi $156,2 juta.

Shake Shack ingin mengikuti keberhasilan IPO dua perusahaan restoran sebelumnya di tahun 2014 yaitu El Pollo Loco dan Zoe's Kitchen. Sebagai catatan, saham El Pollo sudah melonjak 38% sejak pertama kali melantai di bursa saham, sedangkan Zoe's Kitchen meroket nyaris dua kali lipat dari harga IPO. Investor di luar dugaan menyambut baik kedatangan emiten dari bisnis kuliner di tengah perlambatan ekonomi domestik.

Sebagai persiapan, Shake Shack sudah merangkul perusahaan investasi untuk dijadikan mitra penjualan saham, yakni USHG, Leonard Green Partners dan Select Equity Group. Jaringan resto yang memiliki 63 cabang ini juga menunjuk JP Morgan, Morgan Stanley dan Goldman Sachs sebagai koordinator IPO.

Belum ada keterangan resmi dalam dokumen pendaftaran IPO Shake Shack tentang jumlah saham yang akan dijual dan perkiraan harga per unitnya. Namun kemungkinan besar modal yang didapat nantinya akan dipakai untuk ekspansi cabang ke luar negeri, melanjutkan pembukaan cabang baru di London, Istanbul dan Dubai.

Angka penghasilan bersih (tahunan) Shake Shack anjlok 20% pada angka $3,55 juta untuk periode 39 minggu yang berakhir 24 September lalu. Sementara pendapatan kotornya naik 41% ke angka $83,76 juta. Operator bursa yang dipilih oleh Shake Shack adalah NYSE dan simbol perdagangannya SHAK.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar