Selasa, 26 September 2017

cfd  CFD

Robot Hijau Rajai Pasar Tablet Dunia

Jumat, 1 Februari 2013 10:24 WIB
Dibaca 547

Monexnews - International Data Corporation (IDC) baru saja merilis preliminary report terkait jumlah pengiriman produk tablet PC ke seluruh dunia. Berdasarkan data terbaru, pengapalan produk berbasis Android tercatat naik pesat dan sukses mengambil jatah pasar yang tadinya dikuasai iPad Apple.Untuk kali pertama, volume pengiriman produk iPad dan iPad (termasuk yang memiliki sensor retina) anjlok ke bawah 50%.

Pada kuartal IV lalu, pengiriman iPad hanya mencapai 43,6% dari total shipment seluruh produk tablet ke seluruh dunia. Meski secara merk Apple masih menjadi raja tablet, dominasinya dipastikan berakhir apabila dihitung berdasarkan sistem operasinya. Android Google kebanjiran peminat di penghujung tahun lalu sehingga kombinasi penjualan semua merk tablet berbasis robot hijau sudah menembus 50%. Tiga merk tablet Android yang menyita perhatian besar pasar global adalah Samsung, Amazon dan Asus.

Di bawah kedua operating system itu adalah Microsoft, dengan angka pengiriman sebesar 900.000 tablet Surface atau setara dengan 1,7% dari total pasar. Namun Microsoft belum mampu menggeser Amazon, yang telah mengapalkan 6 juta unit Kindle atau 11,5% dari seluruh pengiriman tablet ke berbagai benua. Kedua perusahaan ini belum mengumumkan secara resmi angka penjualan produk tablet meeka masing-masing.

Apple menguasai 90% pangsa pasar tablet sepanjang 2011 karena hampir tidak ada saingan saat itu. Namun sejak Google merilis produk Android yang sudah disempurnakan, kiprah iPad pudar secara perlahan. Setelah itua Amazon ikut meluncurkan Kindle Fire, yang menggunakan sistem operasi Android custom, di akhir tahun 2011. iPad memang masih menjadi jenis tablet yang menguasai penjualan, tetapi karena Android diperkuat oleh berbagai merk maka popularitas sistem operasi ini jadi lebih mendunia. Apalagi harganya sangat bervariasi, tidak semahal iPad maupun iPad mini.

Harga saham Apple (AAPL) ditutup pada level $455.49 atau turun sebanyak 0,3 pada sesi perdagangan hari Kamis (31/01). Saham Amazon (AMZN) merosot ke $265.50 (2,66%) dan Microsoft melemah ke $27.45 (1,44%). Sedangkan harga saham Google (GOOG)menguat ke $755.69 atau 0,25%.

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar