Jumat, 26 Mei 2017

cfd  CFD

Rogoh Rp215 Triliun, Nokia Ambil Alih Alcatel

Rabu, 15 April 2015 13:03 WIB
Dibaca 802

Monexnews - Perusahaan alat-alat komunikasi asal Finlandia, Nokia Oyj, sepakat untuk membeli Alcatel-Lucent SA dengan nilai akuisisi mencapai 15,6 miliar Euro atau setara $16,6 miliar (Rp215,2 triliun). Kombinasi keduanya akan membentuk sebuah perusahaan pemasok perangkat jaringan mobile terbesar dunia.

Investor Alcatel akan menerima 0.55 saham Nokia untuk setiap lembar saham Alcatel yang mereka miliki. Harganya setara dengan 4.12 Euro berdasarkan harga penutupan saham Nokia kemarin atau lebih murah 8% dibandingkan harga penutupan saham Alcatel di bursa Paris.

Akuisisi ini merupakan transaksi terbesar yang pernah dilakukan oleh Nokia, di mana angkanya bahkan melampaui omset bisnis infrastruktur wireless yang dimiliki oleh Ericsson AB dan Huawei Technologies. Setelah prosesnya rampung, CEO Rajeev Suri akan lebih leluasa memantapkan posisi Nokia di China, negara dengan jumlah subscriber telekomunikasi mencapai 1,3 miliar orang. Nokia juga berhak atas kontrak jaringan dengan dua operator terbesar Amerika Serikat, Verizon dan AT&T.

Harga saham Alcatel langsung menguat 16% menjadi 4.48 Euro di Paris pada hari Selasa kemarin pasca munculnya rencana akuisisi. Sementara saham Nokia ditutup 3,6% lebih rendah pada level 7.49 Euro di bursa Helsinki.

Jika digabungkan, Nokia dan Alcatel memiliki 110 ribu karyawan di seluruh dunia. Nokia sendiri sempat mengurangi jumlah pekerjanya sampai 25 ribu orang sejak tahun 2009 akibat kemunduran bisnis. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar