Selasa, 24 Oktober 2017

cfd  CFD

RUPS Apple Bicarakan Soal Dividen

Rabu, 27 Februari 2013 15:18 WIB
Dibaca 658

Monexnews - Monexnews - Apple Inc akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahunan hari Rabu (27/02). Pekerjaan rumah bagi jajaran manajemen adalah untuk menjelaskan tentang banyaknya uang kas tidak terpakai dalam neraca keuangan.

Imbal hasil saham Apple Inc selalu menjadi objek pembahasan yang terlontar setiap RUPS tahunan digelar. Pada pertemuan tahun lalu, pihak direksi membela keputusan pembagian dividen yang tidak sejalan dengan lonjakan laba usaha. Tim Cook dan kolega bahkan mengklaim pihak investor sudah mendapatkan nilai lebih dari kenaikan harga saham yang fenomenal. Namun strategi jawaban tersebut kemungkinan sulit diterima oleh pers dalam RUPS kali ini. Terlebih harga saham produsen iPhone ini terus anjlok dalam beberapa bulan terakhir dan perusahaan tidak kunjung mempergunakan dana kas untuk melakukan aksi strategis.

Harga saham Apple sempat menguat kemarin di tengah harapan akan adanya penambahan dividen pada pertemuan hari ini. Meski terbilang rutin membayar dividen dan mempunyai rencana buyback saham dalam jangka panjang, kontribusi Apple terhadap pemilik modal dianggap masih minim. Beberapa pekan lalu, investor bernama David Einhorn meminta supaya Tim Cook bersedia menambah imbal hasil atau memberikan nilai lebih bagi investor dengan pembagian dividen lebih tinggi atau penerbitan saham preferensi. Menurut Einhorn, langkah tersebut patut diambil sebagai wujud terima kasih Apple terhadap kontribusi pemilik modal dan implementasi bagi hasil yang tepat, sejalan dengan apiknya performa bisnis. Kasus injungsi hukum antara Apple dan Einhorn kini telah berada di atas meja pengadilan.

Agenda rutin lain yang akan dihelat pada RUPS nanti adalah kompensasi eksekutif, pemilihan jajaran direksi serta pemilihan perusahaan akunting. Di samping itu ada sesi tanya jawab langsung antara pemegang saham dan manajemen soal strategi bisnis perusahaan. Harga saham Apple Inc (AAPL) ditutup naik 1,4% ke level $448.97 pada sesi perdagangan kemarin.

(dim)

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar