Jumat, 20 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

cfd  CFD

Salip HP, Lenovo Rebut Posisi Terdepan di Industri Komputer

Kamis, 11 Juli 2013 13:34 WIB
Dibaca 449

Lenovo menyalip Hewlett-Packard dalam perebutan posisi produsen personal computer (PC) terbesar di dunia. Menurut lembaga riset Gartner dan IDC, Lenovo resmi menjadi perusahaan dengan penjualan komputer terbanyak di kuartal II 2013.

Monexnews - Pada kuartal III tahun lalu, Lenovo sesungguhnya telah diklaim oleh Gartner sebagai produsen komputer nomor satu sejagad. Namun kala itu, IDC menyatakan bahwa Hewlett-Packard masih menjadi yang terdepan di industrinya sehingga opini komunitas teknologi terbelah dua. Perbedaan hasil data antara kedua lembaga membuat perubahan status Lenovo tertunda. 

Lenovo akhirnya memastikan diri sebagai produsen komputer nomor wahid pada triwulan II tahun ini walaupun jumlah pengapalan produknya berkurang dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Volume pengiriman Lenovo masih lebih besar dibandingkan HP dan Dell, walaupun menurut IDC angkanya sendiri 1.4% lebih rendah dibandingkan periode April-Juni 2012. Jika dikomparasi dengan rival-rivalnya, rasio penurunan Lenovo adalah yang paling sedikit bahkan jika diperbandingkan dengan Acer dan ASUS sekalipun.

Menurut IDC, Lenovo mendistribusikan 12.6 juta komputer pribadi di kuartal II atau unggul tipis dibanding volume pengiriman Hewlett-Packard yang sebesar 12.4 juta unit. Perbedaan itu membuat selisih pangsa pasar antara keduanya hanya terpaut 0.3%. Sementara menurut Gartner, selisih pengiriman antara Lenovo dan Hewlett-Packard adalah sebesar 0.4%. Namun Gartner punya catatan khusus terkait kiprah kedua raksasa teknologi ini di industri komputer global. Lenovo memang merajai pasar, akan tetapi jumlah pengiriman ke wilayah-wilayah kunci masih kalah dari Hewlett-Packard, yang menguasai area Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah, Afrika dan Amerika Selatan.


* Harga saham Lenovo (LNVGY) ditutup pada level $17.79 atau minus 1.11% pada sesi perdagangan Rabu (10/07). Sementara saham Hewlett-Packard (HPQ) ditutup pada level $25.93 atau menguat 1.81%.

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar