Kamis, 14 Desember 2017

breaking-news The Fed menaikkan suku bunga 25 basis poin menjadi 1,50%

cfd  CFD

Semakin Mahal, Nilai Apple akan Samai GDP Korea Selatan

Kamis, 12 Februari 2015 10:04 WIB
Dibaca 605

Monexnews - Meskipun sudah mencapai level tertinggi dalam sejarah perseroan, saham Apple Inc diprediksi masih punya potensi untuk melonjak lagi. Setidaknya itulah keyakinan salah satu pemegang saham terbesarnya, Carl Icahn.

Icahn merupakan investor kenamaan Amerika Serikat yang dikenal kontroversial karena tidak pernah sungkan mengkritik perusahaan-perusahaan besar. Pendapatnya seringkali dijadikan pertimbangan oleh investor-investor yang ingin menempatkan modal di pasar saham Amerika Serikat.

Saham Apple pada hari Rabu kemarin berhasil merangsek ke rekor termahal baru di $124.92. Penguatan tersebut dipicu oleh kabar kerjasama proyek pasokan listrik dengan produsen tenaga matahari asal California, First Solar. Pelaku pasar memburu saham Apple karena kebijakan terbaru Tim Cook dan kolega merupakan langkah strategis perusahaan untuk menghemat biaya pengeluaran dalam jangka panjang.

Dalam sebuah pesan yang dikirimkan kepada followers di akun Twitter-nya, Carl Icahn memperkirakan saham Apple berpeluang menguat lebih tinggi lagi ke kisaran $216. Dengan harga saham sebesar itu, maka Apple akan memantapkan diri sebagai perusahaan termahal dunia dengan kapitalisasi pasar mencapai $1,3 triliun atau setara dengan nilai produk domestik bruto (GDP) Korea Selatan. Untuk saat ini nilai pasar produsen iPhone itu masih berada di kisaran $700 miliar.

Icahn melihat saham Apple idealnya diperdagangkan 20 kali dari laba per saham, dengan menghitung pula arus kas bersih sebesar $22 per saham sehingga layak dibanderol $216 untuk setiap lembarnya. "Itulah mengapa kami masih mempertahankan 53 juta saham senilai $6,6 miliar dan tidak berniat sedikitpun untuk menjualnya," kata Icahn. Soal proyeksi harga 20 kali dari earnings per share, ia menegaskan prediksi itu tidak berlebihan karena Apple masih mempunyai produk 'kuncian' yaitu Apple TV, yang baru akan diluncurkan pada 2016 atau 2017.

Sebagai catatan, Apple sekarang memiliki cadangan kas sekitar $178 miliar atau sama dengan nilai jual perusahaan teknologi lainnya, IBM. Bahkan jika uang itu dibagikan merata kepada warga Amerika, setiap orang akan kebagian $556. Harga sahamnya ditutup pada posisi $124,88 atau 2,3% lebih tinggi dibandingkan level pembukaan (Rabu 11/02). Jika dihitung sejak 9 Oktober lalu, saham Apple sudah naik sebanyak 22%. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar