Rabu, 29 Maret 2017

cfd  CFD

Setelah Satu Setengah Dekade, Xbox Akhirnya Bisa Masuk ke China

Kamis, 1 Mei 2014 12:52 WIB
Dibaca 478

Monexnews - Setelah menunggu sekian lama, Microsoft akhirnya dapat menjual produk Xbox One-nya di negeri China pada bulan September mendatang. Kepastian itu didapat setelah pemerintah Tiongkok merilis aturan baru yang lebih longgar terkait penetrasi perusahaan luar ke pasar konsol permainan negara itu.

Sikap lunak pemerintah mulai terlihat pada akhir tahun 2013, saat rencana pelonggaran regulasi penjualan game diutarakan oleh pusat. Langkah itu langsung disambut dengan Microsoft dengan menggandeng BesTV New Media, perusahaan internet lokal. Tujuannya adalah untuk membantu penjualan Xbox One serta membangun brand yang sejak lama gagal masuk ke pasar China. "Peluncuran Xbox adalah langkah penting bagi kami dan pelaku industri, ujar Yusuf Mehdi, Vice President Corporate Microsoft dalam pernyataan resminya.

Pemerintah China melarang peredaran konsol game pada tahun 2000 karena takut konten di dalamnya bertentangan dengan akar budaya nasional. Padahal bagi pihak produsen, China merupakan pangsa pasar potensial karena daya beli warganya sedang bagus dalam sepuluh tahun terakhir. Alhasil bagi penggemar game, mereka harus mencari konsol seperti Xbox di pasar gelap dengan cara sembunyi-sembunyi.

Selain larangan konsol, jenis game lain yang dimainkan pada perangkat tablet dan ponsel juga mendapat pengawasan ketat dari Beijing. Begitu pula dengan jenis game yang dimainkan di komputer. Masih belum ada keterangan lengkap tentang jumlah konsol Xbox yang akan dikirimkan ke Tiongkok beserta target penjualannya di tahun pertama nanti. Pun demikian, pelonggaran aturan ini bisa menjadi titik balik ekspansi pelaku industri permainan di negeri tirai bambu.


[Harga saham Microsoft (NASDAQ:MSFT) ditutup pada posisi $40.40 atau melemah 0.27% pada sesi perdagangan Rabu (30/04)]

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar