Senin, 25 September 2017

cfd  CFD

Sewa Polisi Pribadi, Facebook Siapkan Gaji Rp2.3 miliar per Tahun

Kamis, 6 Maret 2014 14:44 WIB
Dibaca 754

Monexnews -  Facebook akan menjadi perusahaan swasta pertama di dunia yang memiliki polisinya sendiri. Perusahaan berencana mempekerjakan polisi profesional untuk menjaga keamanan di 'kampus'-nya.

Facebook Campus merupakan kantor pusat Facebook yang berlokasi di Menlo Park City, suatu wilayah di California. Sesuai dengan asal mula berdirinya Facebook di Harvard, konsep pembangunan mengacu pada kompleks universitas dan bukan menyerupai kantor pada umumnya. Lingkungan kerja dirancang serupa dengan area kampus, terdiri dari 9 bangunan yang letaknya terpisah namun bisa diakses melalui tangga-tangga. Karyawan yang bekerja di sana juga rata-rata masih berusia sangat muda, dengan gaya pakaian yang sama sekali jauh dari kesan formal.

Untuk menjaga keamanan kampus, Facebook memang mempekerjakan beberapa staf keamanan layaknya kantor-kantor lain. Mereka berpatroli mengelilingi kompleks untuk memantau siapa saja yang keluar masuk area ini. Pun demikian, pihak direksi masih saja belum puas dengan jaminan keamanan lingkungan kerja meski sampai sekarang belum pernah terjadi gangguan. Facebook memutuskan untuk mempekerjakan polisi profesional, yang dikontrak sama seperti karyawan lainnya.

"Rekrutmen polisi oleh perusahaan swasta bisa menjadi model percontohan untuk masa depan," ujar Jim Bueerman, Presiden Yayasan Kepolisian. Polisi tersebut nantinya tidak akan berpatroli keliling kampus karena tugas itu sudah diemban oleh bagian security. Namun ia akan bertanggungjawab mengurus keamanan secara umum, mulai dari masalah-masalah bisnis hingga kasus yang terjadi di dalam area kampus. Tugas itu dianggap penting karena wilayah Belle Haven relatif terisolasi dari hiruk pikuk kota seperti kantor-kantor lainnya.

"Statusnya akan sama seperti polisi biasa, namun mereka diberikan tugas khusus untuk menjaga keamanan Facebook," imbuh Kepala Polisi Wilayah Menlo, Dave Bertini. Facebook tetap tidak memiliki wewenang untuk mengatur cara kerja, proses rekrutmen dan memberikan hukuman kepada polisi bersangkutan. Facebook hanya wajib membayar gaji dan tunjangan mereka seperti karyawan lainnya dalam daftar payroll, yakni sebesar $200.000 atau sekitar Rp2.3 miliar per tahun untuk satu orang polisi. Masih belum ada keterangan tentang berapa banyak polisi yang akan diberi tugas khusus sebagai karyawan di perusahaan media sosial itu.

Banyak orang tidak setuju dengan kehadiran 'Facebook Cop' di kantor pusat karena akan memberi kesan tidak aman bagi penghuninya. Namun di sisi lain tidak sedikit pula yang mengapresiasi kebijakan tersebut karena dianggap sebagai strategi perusahaan untuk menjalin hubungan baik dengan instansi pemerintah seperti kepolisian.


[Harga saham Facebook ditutup pada posisi $71.57 atau menguat 4.03% untuk sesi perdagangan Rabu (05/03)]


(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar